>> Tips menjaga anak dari bahaya tersengat listrik


Anak  kecil ( Balita ) merupakan masa-masa penuh pengawasan ketat, mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan, bagi mereka sesuatu yang menarik dan menimbulkan rasa penasaran akan mereka buru, pagang dan buat mainan, tidak peduli apakah itu berbahaya atau tidak.

Bagi orang tua yang memiliki anak masih kecil harus ekstra waspada, apalagi yang memiliki anak hiperaktif, sekejap saja lalai dari pengawasan bisa melakukan hal apa saja. Untuk itu sebagai orang tua harus selalu antisipasi sebelumnya, sekiranya hal-hal yang bisa membuat anak berbahaya, sebaiknya segera dijauhkan atau dihindarkan, salah satunya adalah bahaya dari sengatan listrik di rumah.

Apa saja hal yang harus diperhatikan khususnya bagi orang tua yang memiliki anak kecil dirumah? Berikut kami bagikan tips nya, semoga bermanfaat.

  • Rapikan kabel yang berserakan baik dilantai atau dinding, biasanya kabel eletronik, buat agar tidak bisa dijangkau anak-anak
  • Berikan pengertian bagi anak yang sudah mulai mengerti atau memahami bahasa dari bahaya sengatan listrik, agar tidak menyentuhnya, dan akibatnya.
  • Buat tata letak atau penempatan barang-barang elektronik agar tidak bisa dijangkau anak-anak
  • Jika ada colokan listrik pertable ( rol kabel gulungan ) yang biasa digunakan untuk setrika dibawah, jika tidak digunakan segera cabut dari stop kontak nya.
  • Stop kontak yang terbuka, sebaiknya dipasangi penutup, untuk  menghindari anak dari memasukan jari kedalamnya
  • Stop kontak, soket, kabel roll jangan ditaruh dilantai, karena mudah dijangkau anak-anak, juga antisipasi dari tumpahan air gelas yang dibawa anak-anak
  • Dan yang terpenting adalah sikap kewaspadaan dari orang tua untuk selalu antisipasi jika melihat hal sekecil apapun yang berpotensi membahayakan si kecil, sebaiknya segera lakukan tindakan pencegahan agar hal membahayakan tersebut tidak terjadi dan bisa dihindari.

( original )