>> 10 Hal yang menyebabkan kecelakaan saat berkendara motor


Menggunakan alat transportasi sepeda motor memang  praktis, saat macet bisa bermanuver diantara mobil dan terus melaju, sehingga lebih cepat sampai tujuan. Berbeda dengan mobil dimana pengendara terlindung dengan aman didalam dibentengi besi, motor terbuka dan hanya memiliki 2 roda, jadi lebih beresiko dengan kecelakaan, tergelincir dan jatuh.

Mengantisipasi kecelakaan  saat berkendara motor sesuai dengan standart keamanan adalah hal mutlak yang harus kita taati, terutama menggunakan helm dan menyalakan lampu baik di saing dan malam hari.

Berikut sebagai peringatan agar kita berhati - hati, hal - hal yang bisa menyebabkan kecelakaan dalam berkendara sepeda motor saat di jalan.

  • Berkendara sambil sms-an, sambil telpon, karena saat melakukan hal ini, konsentrasi brkendara terpecah, tidak fokus. Hal ini sangat membahayakan diri sendiri juga pengendara lain.
  • Alur ban sudah halus, cengkraman dengan permukaan jalan menjadi tidak ada, hal ini menyebabkan motor mudah selip dan terpeleset.
  • Tidak memakai helm, hal ini menyebabkan mata terkena asap dan debu kotoran, mata menjadi pedih dan gatal, sehingga menjadi tidak konsntrasi dalam berkendara, jika sampai terjatuh, akibatnya sangat fatal.
  • Belok tidak menyalakan lampu sein, berbelok secara mendadak tanpa menyalakan lampu sein berakibat fatal saat dibelakang ada kendaraan lain, sangat membahayakan diri sendiri juga pengendara lain.
  • Lampu tanda pengereman rusak dan tidak nyala, menyebabkan pengedara dibelakang kita tidak tahu saat kita melakukan pengereman, hal ini bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan. Solusinya harus segera diperbaiki dan ganti lampu yang mati.
  • Tidak menyalakan lampu depan utama, baik malam maupun siang usahakan untuk selalu menyalakan lampu depan
  • Berkendara secara ugal-ugalan, kebut-kebutan, ini adalah salah satu sikap tidak beradab saat berkendara dijalan, juga sangat membahayakan bagi pengguna jalan lainya.
  • Keraguan dan tidak tepat perkiraan saat akan mendahului kendaraan lain, saat bersamaan dari arah depan juga ada kendaraan yang melaju berlawanan arah, lebih baik bersabar menunggu hingga dari arah depan benar-benar kosong tidak ada kendaraan lain, baru kita mendahului kendaraan didepan kita.
  • Tidak tengak-tengok dan nyelonong saja saat dipersimpangan jalan yang tidak ada lampu merah nya, hal ini bisa menyebabkan tabrakan dari arah samping kanan ataupun kiri. Sebaiknya berhati-hati saat melintas dipersimpangan jalan yang tidak ada tanda lampu lalu lintas nya, jalan pelan-pelan dan tengok kanan kiri, jika anda mau jalan terus jangan lupa untuk membunyikan klakson.
  • Tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas, seperti tanda rambu dilarang mendahului, dilarang berbelok, dilarang berhenti, jalur satu arah, tidak mengetahui tanda-tanda tersebut atau melanggar tanda-tanda tersebut, bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan, membahayakan diri sendiri juga pengendara lain.


Itulah tadi beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan saat berkendara sepeda motor dijalan raya, semoga  informasi ini bermanfaat untuk anda.
( original )