>> 5 Cara agar ruangan sempit terlihat luas

Ruangan sempit dan terbatas bisa terlihat lega dan luas, namun begitupun sebaliknya, ruangan luas bisa kelihatan sempit dan sesak. Disini yang sangat berperan adalah cara bagaimana menata ruangan, memilih warna ruangan dan perabot didalamnya serta kelihaian dalam tata letak. Berikut kami bagikan tips menciptakan suasana luas dan lapang dalam ruangan sempit/ terbatas.


1. Pilih warna terang
Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat kamar jadi 'lebih luas' adalah mengganti cat. Meskipun sederhana, tetapi pemilihan warna yang tepat bisa bikin kamar jadi terasa lebih lega.

Desainer Stephen Schubel menyarankan warna-warna pastel yang terang untuk dinding dan lantai. Anda bisa pilih warna biru lembut atau yang paling simpel, putih bersih. Kalau mau kamar yang lebih berwarna, Anda bisa memilih beberapa warna yang masih senuansa. Hindari warna-warna yang bertabrakan karena bisa memberikan ilusi ruangan yang lebih sempit.
Selain itu pilih warna yang lebih mencolok untuk langit-langit. Tujuannya adalah untuk menciptakan kesan langit-langit yang lebih tinggi.





2. Pilih perabot multi-fungsi
Anda bisa menghemat pengeluaran sekaligus menjadikan space di kamar lebih efisien dengan berinvestasi pada perabot yang multi-fungsi. Misalnya saja peti kayu yang bisa difungsikan sebagai meja. Tempat tidur dengan kontainer di bagian bawah juga bisa jadi alternatif pengganti lemari pakaian.





3. Copot tirai jendela
Untuk ruangan yang besar, tirai memang bisa memberikan kesan megah. Tetapi buat ruangan dengan ukuran seadanya (kamar kos kamu, misalnya) tirai kecil saja bisa membuat ruangan jadi terlihat sesak. Daripada memasang tirai, lebih baik kamu memasang kasa yang lebih tidak memakan tempat pada jendela kamar.





4. Tata barang-barang dengan rapi
Pastikan barang-barangmu terorganisir dan kamarmu akan terlihat lebih lapang. Logikanya sederhana saja. Kalau barang-barangmu berantakan, kamar bakal kekurangan space kosong dan kelihatan seperti kapal pecah. Kalau bisa, susun barang-barangmu berdasarkan warna dan ukuran. Penataan seperti ini memberikan ilusi space yang lebih luas.






5. Cermin
Anda mungkin sudah pernah dengar trik ini. Benar, cermin berukuran besar yang diletakkan di salah satu dinding bisa memberikan ilusi ruangan yang lapang.
Tempatkan cermin berseberangan dengan jendela. Trik ini bakal membuat cahaya matahari terefleksikan dengan baik dan memberikan kesan luas.

Itulah tadi beberapa trik untuk menyiasati ruangan yang sempit agar 'tampak' lebih luas. Simpel dan murah, bukan? Selamat mencoba.....
( sumber )