>> 6 Jenis buah - buahan yang baik untuk kesehatan mata


Mata adalah salah satu alat indera yang paling utama,  karena hampir disetiap aktifitas sehari-hari kita menggunankan mata. seperti membaca, menonton tv, dan sebagainya. Untuk itu hal yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan mata. Menjaga Kesehatan mata dapat dilakukan dengan cara dari luar dan dalam. Untuk cara luar anda dapat melakukan dari hal yang sederhana seperti membersihkan mata dengan menggunakan tetes mata, memakai pelindung mata (kaca mata, helm) saat berkendara, agar mata tidak terkena debu yang dapat menyebabkan iritasi pada mata.

Untuk cara dari dalam anda dapat melakukannya dengan cara mengonsumsi vitamin mata, ataupun dengan mengonsumsi banyak buah yang mengandung vitamin, seperti vitamin B, C, E, dan Zink. Berikut ini ada daftar buah yang baik dan efektif untuk menjaga kesehatan mata:

1. Buah Tomat
Tomat memepunyai fungsi ganda yaitu sebagai sayuran dan juga sebagai buah yang baik untuk kesehatan mata. Tomat kaya akan vitamin C dan vitamin A, melebihi vitamin dalam sayuran hijau. Semakin matang tomat maka akan semakin banyak pula vitamin C yang terkandung dalam tomat itu. Selain itu tomat juga mengandung vitamin B meskipun tidak sebanyak vitamin A dan C. Untuk kesehatan mata, tomat dapat di konsumsi secara langsung ataupun bisa di olah dahulu seperti di buatkan Jus.

2. Buah Pepaya
Manfaat buah pepaya bagi mata sangat bagus loh, selain harganya yang  relatif murah, pepaya mengandung banyak vitamin C yang baik untuk mata. Selain baik untuk mata pepaya juga baik untuk pencernaan.

3. Buah Strawberry
Vitamin yang terkandung dalam buah ini cukup banyak ada vitamin A, D, E, C. dan B, vitamin C dalam 8 biji buah strawberry, lebih tinggi dari buah jeruk. Selain baik untuk mata buah ini baik untuk proses penyembuhan luka.

4. Buah Mangga
Daftar buah yang baik untuk kesehatan mata yang keempat adalah dengan mengkonsumsi buah mangga, buah yang penuh akan serat ini ternyata mempunyai kandungan vitamin A, yang cocok untuk merawat sistem kesehatan mata. Sebenarnya banyak sekali jenis mangga manis yang bisa anda konsumsi, contohnya seperti mangga golek, mangga apel, arum manis, dan masih banyak lagi.

5. Buah Jeruk
Selain mengandung vitamin C, buah jeruk ini pn mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Jeruk ini banyak kita jumpai di mana saja seperti di mall besar, pasar tradisional, dan lapak buah lainnya, jika anda sering makan buah jeruk ini maka mata anda pun bisa terawat dan tetap sehat. Hampir sama dengan buah apel, buah jeruk ini juga dapat anda konsumsi sebagai minuman, caranya pun sama persis seperti membuat jus lainnya.
Jika anda mengkonsumsi jeruk dengan rutin, maka anda tak perlu mengkhawatirkan kesehatan mata anda, karena hal ini sudah di lakukan oleh buah jeruk yang sangat berkhasiat untuk mata.

6. Buah Apel
Salah satu contoh daftar buah yang baik untuk kesehatan mata adalah dengan mengkonsumsi buah apel, kandungan zat seperti vitamin A,B,C dan juga kalsium ini sangat lah baik untuk menajga kesehatan mata. Oleh sebab itulah, anda harus meningkatkan konsumsi buah apel, terutama setelah makan besar, ataupun sebelum anda tidur.

Sebenarnya, masih banyak lagi jenis buah-buahan yang mengandung vitamin untuk kesehatan mata, namun informasi diatas adalah jenis buah-buahan untuk kesehatan mata yang mudah didapatkan disekitar kita ( Pasat, supermarket ).
Untuk menjaga kesehatan mata anda harus rutin membersihkan mata, melindungi mata dan  mengonsumsi buah, tentunya buah yang banyak  mengandung Vitamin A, Vitamin B kompleks, Vitamin C, Vitamin E dan Zink.
( Sumber )