>> Kelebihan dan kekurangan menggunakan Laptop


Sejak kehadiranya, Laptop mampu menggeser penggunaan komputer secara signifikan, karena kepraktisanya dan hemat daya, menjadikan Laptop bagian dari kebutuhan dalan dunia kerja dan pendidikan, hampir setiap pelajar dan pekerja kantoran memiliki Laptop.
Meskipun saat ini ada kemunculan Tablet, Ipad, namun hal tersebut tidak mengurangi minat untuk tidak memiliki Laptop, karena hingga saat ini, secara umum, Laptop dianggap paling sesuai dengan kebutuhan. Melangkah lebih jauh, memang Laptop memiliki banyak kelebihan, tapi sesempurna apapun yang ada di Dunia pasti juga memiliki kekurangan.
Berikut kami informasikan tentang apa saja kelebihan dan kurangan dari penggunaan Laptop untuk menunjang aktifitas kerja dan pendidikan.

Kekurangan

1. Lebih mahal
Jika kita ingin membeli laptop dengan spesifikasi yang sama persis dengan computer desktop, maka kita harus mengeluarkan uang yang lebih besar daripada kita membeli computer desktop.

2. Harus lebih berhati-hati
Karena harganya mahal dan mudah dibawa, laptop sering menjadi incaran para penjahat. Mententengnya ke mana-mana membutuhkan kewaspadaan yang ekstra. Misalnya di mushola, kampus ada himbauan “Barang Berharga di Taruh Depan”. Hal ini dimaksudkan agar barang yang berharga tidak dicuri orang.

4. Lebih rentan dan ringkih
Karena laptop merupakan barang yang enteng. Pastinya komponen di dalamnya dibuat kecil dan ringan. Secara fisik, laptop ringkih terhadap tekanan dan guncangan.

5. Lebih rumit perawatannya
Lantaran bentuknya yang menyatu, laptop memerlukan perawatan yang ekstra hati-hati. Air teh atau kopi yang tumpah ke atas keyboard dapat menyebabkan seluruh system laptop mati.





Kelebihan

1. Produktivitas
Laptop bisa digunakan dimana saja kita berada, didalam mobil, di sekolah, kampus, kantor, dll. Sehingga menggunakan Laptop sangat menunjang produktifitas kita, karena tak terbatas ruanga dan waktu.

2. Kemudahan Akses
Menggunakan Laptop, kisa bisa mengakses internet atau file-file yang kita butuhkan setiap saat dan dimanapun, karena Laptop sendiri dibekali baterai yang berdaya tahan hingga 8 jam saat digunakan, jadi tidak membutuhkan arus listrik langsung dari PLN.

3. Ukuran
Laptop yang memiliki ukuran dan volume lebih kecil, juga lebih ringan dari PC desktop, sehingga mudah untuk dibawa, dipindah dan disimpan ditempat yang terbatas, seperti didalam tas, dalam laci.

4. Konsumsi daya rendah
Laptop lebih hemat bekali-kali  lipat dalam konsumsi daya listrik jika dibandingkan dengan dekstop. Sebuah laptop biasa menggunakan daya 20-90 W, dibandingkan dengan dekstop yang menggunakan daya 100-800 W. Baik dalam jangka pendek maupun panjang, tagihan bulanan listrik bisa rendah dan tidak menguras kantong, hal ini sangat dianjurkan bagi pelajar dan pekerja kantoran.