>> 8 Negara yang tidak memiliki kekuatan Militer


Banyak negara gemar tunjukkan kekuatan militer. Ada yang lewat pawai di hari nasional, dan ada yang benar-benar gunakan untuk berperang. Di lain pihak ada negara yang tak punya militer sama sekali. Ini 8 di antaranya.

1. Costa Rica
Konstitusi di negara di kepulauan Karibia, Amerika Tengah itu melarang pemerintah untuk punya militer. Ketetapan itu sudah berlaku sejak 1949. Sekarang negara itu jadi lokasi Universitas PBB untuk Perdamaian. Foto: gunung berapi Turrialba di Costa Rica.

2. Liechtenstein
Negara kecil di tengah Eropa ini membubarkan militernya tahun 1868 karena alasan finansial. Pembentukan pasukan diijinkan di masa perang, tapi perang tidak pernah terjadi. Negara ini punya produk domestik bruto per kapita kedua terbesar di dunia setelah Qatar.

3. Samoa
Negara ini menyatakan kemerdekaan dari Selandia Baru tahun 1962. Sejak merdeka negara ini tidak punya militer. Selandia Baru berjanji akan turun tangan mempertahankan negara ini jika diperlukan. Negara kepulauan Samoa terletak di bagian barat kepulauan Samoa, di Samudera Pasifik.

4. Andorra
Negara kecil di Eropa ini didirikan tahun 1278. Andorra tidak punya militer sendiri, tapi Spanyol dan Perancis berjanji melindungi jika diperlukan. Luas negara ini hanya 468 kilometer persegi, yang berarti lebih kecil dari Jakarta yang luasnya 661,5 kilometer persegi.

5. Tuvalu
Tuvalu adalah negara kepulauan yang terletak di samudera Pasifik. Luasnya hanya 26 kilometer persegi dan penduduknya hanya 10.000 orang. Negara yang anggota Commonwealth ini berbentuk monarki parlementer.

6. Vatikan
Negara yang terletak di kota Roma, ibukota Italia, ini adalah negara terkecil di dunia. Luasnya hanya 0,44 kilometer persegi, dan penduduknya hanya 840 orang. Dengan demikian ini juga jadi negara dengan penduduk paling sedikit sedunia.

7. Grenada
Negara yang terdiri dari satu pulau ini luasnya 344 kilometer persegi dengan populasi 105.000 jiwa, dan terletak antara Karibik dan samudera Atlantik. Negara di ini juga anggota Commonwealth. Bentuk negaranya monarki konstitusional.

8. Nauru
Negara pulau ini terletak di samudera Pasifik. Luasnya 21,10 kilometer persegi, dan penduduknya berjumlah sekitar 10.000. Nauru termasuk dalam kepulauan Mikronesia.
( sumber )