>> Inilah 5 Manfaat sehat Mandi dengan Air dingin


Ternyata mandi dengan air dingin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, air dingin biasanya di pagi hari, namun untuk daerah pegunungan yang bersuhu dingin, jika ingin mandi dengan air dingin bisa kapa saja, pagi, siang atau sore.
Tapi kebanyakan orang malah suka mandi dengan  air hangat, jika anda mengetahui manfaat mandi menggunakan air dingin, tentu anda akan selalu mandi dengan air dingin, meskipun harus menahan dingin dan mengigil kedinginan. Pakar kesehatan menyarankan untuk mandi dengan air dingin dengan suhu ideal air sekitar 15 derajat Celsius. Berikut manfaat baik mandi menggunakan air dingin.

1. Perbaiki Suasana Hati
Hidroterapi dengan air dingin bisa meningkatkan kadar beta-endorfin dan noradrenalin dalam darah serta otak, yang memiliki efek antidepresan. Studi yang dipublikasi dalam jurnal Medical Hypotheses mengatakan, mandi air dingin selama dua tiga menit secara rutin selama dua minggu, bisa memperbaiki suasana hati pelakunya.

2. Redakan Sakit Otot
Pakar olahraga Henry Halse menyebutkan, mandi air dingin bisa membantu mengurangi rasa sakit otot setelah berolahraga. Ia menyarankan untuk mengarahkan air dingin ke bagian yang sakit selama lima menit. "Aliran darah yang meningkat bisa membantu memperbaiki otot atau jaringan yang rusak, karena darah mengandung gizi yang punya efek menyembuhkan."




3. Membuat Kulit Jadi Indah
Merawat kecantikan bisa dengan mandi air dingin. Pakar Dermatologi Neal Schultz, M.D. menyarankan untuk membersihkan badan dengan air hangat lalu akhiri dengan air dingin. Air dingin bisa mengencangkan kulit dan pori-pori. Kulit Anda akan terlihat lebih mulus dan cerah.

4. Rambut Jadi Lebih Berkilau
Air hangat yang digunakan untuk membilas sampo dari rambut, akan mengurangi keindahan rambut Anda. Demikian ujar Julia Tzu, pakar dermatologi. Gunakan air dingin setelah memberikan conditioner pada rambut, agar rambut lebih berkilau dan halus.

5. Bantu Atasi Stres
Percikan air dingin ke wajah bisa membuat Anda merasa rileks. Metode yang membuat detak jantung lebih lambat ini bahkan diterapkan untuk menangani pasien dengan kecepatan detak jantung yang tidak normal. Studi lain menemukan, peserta yang berenang di air sedingin es secara rutin, bisa beradaptasi lebih baik menghadapi stres. Ini karena tubuhnya terbiasa untuk beradaptasi.
( sumber )