>> 8 Cara alami hilangkan sakit kepala


Setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala, mulai dari sakit kepala ringan hingga berat, sakit kepala penyebabnya beragam, mulai dari kurang tidur, kecapekan, kurang istirahat, kebanyakan tidur, banyak pikiran, karena sakit dan masih banyak lagi penyebabnya.
Untuk sakit kepala yang disebabkan bukan karena penyakit, anda sebaiknya mengatasinya dengan cara alami, bukan dengan cara minum obat, berikut kami bagikan tips cara menghilangkan sakit kepala, diantaranya:

1. Jeda Rutin
Sakit kepala sering muncul dipicu ketegangan akibat duduk berjam-jam. Ambil jeda rutin untuk mencegahnya. Pergilah ke luar kantor untuk menghirup udara segar. Tarik nafas dalam-dalam, walau cuma untuk beberapa menit. Kebiasaan ini membuat otot lebih rileks dan ibarat mengisi ulang baterai tubuh.

2. Olahraga Ringan
Sakit kepala bisa dicegah dengan latihan ringan secara rutin. Tegakkan punggung, renggangkan otot leher dengan menggerakkannya pelahan ke kiri dan kanan, lalu letakkan kepala di bahu kiri dan kanan. Terakhir putar kepala dan bahu. Gerakan ini membantu melepas ketegangan otot leher yang bisa memicu sakit kepala.

3. Relaksasi
Jika Anda kerap diserang sakit kepala akibat ketegangan, cobalah terapi relaksasi. Stres dan ketegangan mempengaruhi metabolisme otak dan membuatnya sensitif pada rangsangan rasa sakit. Relaksasi bisa dilakukan dengan cara berbaring beberapa menit dalam ruangan yang nyaman, sambil mendengarkan musik yang menenangkan, atau rileks dalam kesunyian.

4. Oleskan Minyak Mint
Minyak mint membuat relaks dan melepas ketegangan pemicu sakit kepala. Penlitian di Universitas Kiel menunukkan, minyak mint juga ampuh sebagai penghilang rasa sakit. Oleskan minyak mint yang bisa dibeli di apotik ke dahi, pelipis dan leher. Biasanya khasiatnya bisa terasa setelah 15 menit.

5. Mandi Air Hangat
Mandi atau berendam air hangat antara 10 hingga 20 menit diketahui bisa menghilangkan dengan cepat rasa sakit kepala akibat ketegangan. Mandi air hangat juga membuat otot relaks. Berendam dalam air hangat yang dibubuhi rempah-rempah diketahui memperkuat efek relaksasi.

6. Pijat Kepala
Pemijatan bagian pelipis dengan gerakan berputar bisa melepas ketegangan otot. Pemijatan bisa dilanjutkan dengan bagian dahi dan belakang kepala selama 5 menit, yang biasanya dengan cepat menghilangkan tegangan pemicu sakit kepala.

7. Periksakan Mata
Jika sakit kepala kerap terjadi pada sore hari, Anda harus mencurigai mata yang punya masalah. Pergilah memeriksakan diri ke dokter mata. Kemungkinan Anda mengidap ketegangan otot mata, infeksi, naiknya tekanan di dalam bola mata atau juga masalah lain pada indra penglihatan ini.

8. Hati-Hati Dengan Obat Sakit Kepala
Obat sakit kepala kadang berdampak negatif. Jika dosisnya terlalu tinggi, efeknya bukan menyembuhkan, tapi sebaliknya memicu sakit kepala baru yang disebut sakit kepala induksi. Sistem saraf perasa sakit menjadi kebal jika Anda terlalu sering mengkonsumsi obat sakit kepala. Jika sakit kepala menetap, sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk mendapat dosis obat yang rasional dan tepat.
( sumber )