>> Berikut 10 Daftar tujuan wisata terbaik di Dunia

Penerbit buku panduan wisata Lonely Planet kembali merilis "daftar tujuan wisata terbaik" untuk 2015. Pakar dan jurnalis wisata mendata 500 tujuan wisata paling top. 10 yang terbaik kami tampilkan disini.


1. Angkor Wat, Kamboja
Para pakar Lonely Planet memilih Angkor Wat sebagai peringkat nomor satu dengan keunggulan suara 36 persen dibanding peringkat kedua. Simbol nasional kerajaan Khmer dengan sistem irigasi canggih dan reruntuhan batu pasir sangat populer diantara para turis dan ahli sejarah.




2. Great Barrier Reef, Australia
Great Barrier Reef di bagian utara Australia masuk ke dalam daftar Warisan Budaya UNESCO tahun 1981. Taman laut ini adalah habitat bagi 625 jenis ikan, 133 macam hiu dan pari, beragam ubur-ubur, moluska, cacing serta lebih dari 30 jenis paus dan lumba-lumba.




3. Machu Picchu, Peru
Reruntuhan Inca pra-Columbus ini terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian 2.350 meter di atas permukaan laut. Umurnya lebih dari 500 tahun. Machu Picchu terdiri dari 216 bangunan batu yang dihubungkan oleh tangga.




4. Tembok Besar Cina
Tembok ini dibangun pada periode Dinasti Ming. Panjangnya 8.851 km. Tembok Besar Cina sempat dikatakan sebagai bangunan buatan manusia yang terlihat dari ruang angkasa dengan mata telanjang. Namun, setelah para astronot memeriksanya, persepsi tersebut tidak benar.




5. Taj Mahal, India
Taj Mahal artinya "permata istana". Monumen di Agra, India, ini dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shāh Jahān, sebagai sebuah musoleum untuk istrinya. Taj Mahal dibangun selama 22 tahun. Tahun 1983 Taj Mahal menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO.




6. Grand Canyon, AS
Ngarai ini terbentuk oleh Sungai Colorado yang memotong sebuah selat selama jutaan tahun. Panjangnya 446 km, dan lebarnya mulai dari 6 sampai 29 km. Kedalamannya lebih dari 1.600 m.




7. Koloseum, Italia
Dahulu Koloseum adalah arena gladiator. Tempatnya berbentuk elips yang disebut amfiteater. Koloseum yang terletak di kota Roma ini bisa menampung 50.000 orang penonton.




8. Air Terjun Iguazu, Brasil/Argentina
Dalam bahasa Guaraní-Indian, Iguazu berarti "air besar". Air terjun ini berlokasi di Sungai Iguazu yang terletak di perbatasan Paraná di Brasil (20%) dan Misiones di Argentina (80%). Iguazu membagi sungai menjadi bagian atas dan bawah.




9. Alhambra, Spanyol
Alhambra adalah tujuan wisata Eropa yang paling sering dikunjungi turis. Ini kompleks istana dan benteng megah dari kekhalifahan bani ummayyah di Granada.



10. Hagia Sophia, Turki
Saat Konstantinopel ditaklukkan Sultan Mehmed II 1453, Mehmed II memerintahkan mengubah Gereja Hagia Sophia menjadi masjid. Modifikasi dilakukan agar sesuai dengan gaya bangunan mesjid. Hagia Sophia, yang kini merupakan museum, 500 tahun lamanya berfungsi sebagai masjid.
( sumber )