>> Tips AC ruangan nyala terus tapi tetap awet dan tahan lama


Di Negara tropis seperti Indonesia kebutuhan AC dalam ruangan semakin besar, didukung perekonomian yang semakin makmur, menjadikan Indonesia pangsa pasar potensial untuk penjualan produk AC ruangan.
Semaki tahun suhu udara semakin panas dampak dari pemanasan global, siang malam panas, hawa dingin semakin langka, sehingga memasang AC dalam ruangan menjadi suatu kebutuhan kemewahan yang pokok.

Dengan suhu udara panas di siang dan malam hari, bagi mereka yang beraktifitas dalam ruangan tentu akan menyalakan AC terus-menerus, karena jika AC tidak nyala maka akan terasa panas sekali.
Jika AC dipaksa nyala terus menerus tanpa ada jeda istirahat, maka AC akan cepat rusak dan berumur pendek, meskipun itu AC baru, akibatnya kita akan  sering memanggil tukang servis AC.

Sebenarnya ada metode khusus bagi yang menggunakan AC ruangan secara maksimal terus menerus siang dan malam, yaitu dengan mengistirahatkan AC selama 1 jam setiap 5 jam, terus lakukan metode berulang mematikan AC selama 1 jam setiap 5 jam nyala, dengan begitu AC memiliki waktu untuk istirahat mendinginkan komponen yag terus berputar. Dengan metode ini, meskipun anda menyalakan AC terus menerus siang dan malam tidak akan ada kendala, AC tetap awet dan tahan lama.

Untuk perawatan selanjutnya, anda cukup perhatikan instruksi dari buku panduan bawaan pabrik, klo saya menggunakan AC merek LG ada paduan untuk melakukan servis setiap 6 bulan sekali untuk membersihkan debu yang menempel pada unit indoor dan out door, juga mengecek tekanan freon dan selang, untuk freon paling tambah pengisian sedikit, saya cukup memanggil tukang servis AC, biaya servis plus tambah isi freon dikit, semua habis Rp.100rb ( wilayah surakarta dan sekitarnya ). Kalau untuk membersihkan  debu saringan udara yang sesuai dengan petunjuk buku harus dibersihkan setiap bulanya, cukup saya bersihkan sendiri, karena mudah dan simple.

Dengan melakukan metode menyalakan AC dan servis rutin seperti yang telah saya uraikan diatas, maka kondisi AC akan selalu prima untuk dinyalakan siang dan malam, selalu dingin dan suara halus. Demikian Tips menyalakan Ac ruangan terus menerus namun bisa tetap awet dan tahan lama, semoga bermanfaat untuk anda.
( original )