>> Cara akurat memilih buah Durian yang bagus, matang dan manis


Ketika musim durian telah tiba, contohnya pada saat ini, banyak sekali pedagang yang telah menjajakan buah duriannya dipinggir jalan, dan berbagai variasi baik dari segi ukuran buah maupun harga yang bervariasi.Tentunya  kita tidak ingin kecewa ketika membeli buah durian tersebut, beberapa kasus yang sering terjadi dikarenakan rasa yang kurang manis, ataupun buah durian yang masih mentah, sehingga tidak bisa dimakan.

Untuk itu kita supaya bisa mengetahui ciri – ciri buah durian yang bagus dan bagus sebelum membeli buah durian agar mendapatkan buah yang sesuai dengan keinginan kita. Berikut ini adalah tips memilih durian yang enak, legit, manis, lezat dan matang sempurna dibawah ini :

Memilih buah durian dari ukuran dan bentuk buah
  •  Pilih buah durian yang berbentuk  bulat penuh, hindari yang durian dengan bentuk yang kurang simetris (pertanda didalamnya ada yang tidak utuh.
  • Pada bagian bawahnya, Pilihlah durian belum pecah/ terbuka karena jika sudah terbuka  buah durian kena udara sehingga terasa hambar. ( kebanyakan durian yang sudah pecah/ terbuka sudah kadaluwarsa).
  • Dalam pemilihan buah durian hindari lubang pada kulit durian, jika terdapat lubang, dipastikan didalam buah Durian tersebut sudah ada ulat yang menghinggapinya.
  •  Untuk menentukan tebal dan tipisnya daging buah durian bisa dilihat dari tangkainya. Pilihlah buah durian dengan tangkai durian tebal dan pendek, karena, jika tangkainya tebal daging buahnya  tebal juga, sebaliknya jika tangkainya panjang dagingnya tipis, daging buah duriannya pun tipis juga.
  • Untuk menentukan padat dan lembeknya daging durian juga ada caranya, yaitu dengan memperhatikan kulit durian sendiri. Jika ingin memilih daging buah durian yang kering, pilihlah buah durian yang berduri jarang dan besar, tapi jika ingin memilih buah durian yang lembek, pilih yang  durinya berjarak dekat.
  • Untuk Membedakan buah durian matang dipohon dan durian dikarbit (disimpan). Lihatlah bagian batang, durian yang matang di pohon biasanya tangkainya akan bergerigi, terkelupas atau pecah, karena durian tersebut jatuh langsung dari pohonnya, tapi jika batang terlihat rata dan rapi seperti dipotong, ada kemungkinan durian itu dipetik sebelum matang atau masih mentah.


Teknik memilih buah durian yang bagus :
  1. Dengan cara Menggoyang- goyangkan buah durian - Kalau Anda merasakan getaran kecil, itu tandanya daging buah sudah kering dan matang. Kalau Anda tak merasakan apa-apa berarti daging buah lembab dan terlalu melekat pada dinding kulit dalam
  2. Pilih berat yang lebih ringan - Buah durian yang lebih ringan pertanda buah durian telah matang dan kering, sehingga kandungan airnya pun sedikit, jadi lebih ringan dari pada buah durian yang masih mentah, karena buah yang masih mentah kandungan airnya yang tinggi, lembab dan masih menempel pada kulitnya, sehingga beratnyapun lebih berat. 
  3. Teknik mencium bau dan aroma buah durian, ketika durian telah matang sempurna, Maka buah durian akan mengeluarkan aroma durian yang tajam dan harum, jika kurang harum, berarti buah durian tersebut belum matang.
  4. Dengan cara menepuk atau memukul buah durian - Jika pada waktu kita memukul buah durian dan mengeluarkan suara atau bunyi yang  bergema, berarti  buah durian tersebut sudah masak dan matang sempurna  dan bisa dikonsumsi.


Cara Untuk Menghilangkan Mabuk Buah Durian
Mabuk durian biasanya ditandai dengan dengan, pusing, perut panas, mual dan muntah setelah mengkonsumsi buah durian. Untuk mengatasinya bisa melakukan cara dibawah ini:
  1. Minum air putih  yang ditaruh dalam kulit (dalam) buah durian. Selain bisa mengatasi mabuk durian, cuci tangan dan minum air dari kulit durian juga menghilangkan bau menyengat yang menempel di mulut dan tangan.
  2. Kedua dengan cara makan buah manggis, karena bisa menetralisasi alkohol yang berada didalam buah durian.
Demikian tadi tips- tips dalam memilih buah durian yang bagus, sehingga anda tidak kecewa dalam membeli buah durian, dan  bisa langsung menikmati buah  tersebut tanpa hambatan, dari segi rasa, dan tingkat kematangan. Semoga tips diatas bermanfaat.
( sumber )