>> Mitos Makanan dan Minuman


Persepsi kita terhadap makanan dan minuman terus berubah. Suatu saat bisa dinilai buruk, dan di saat lain dinilai memperpanjang umur. Tetapi bisa juga sebaliknya.

Senang Makan Biskuit Mengandung Kayu Manis?
Kayu manis bisa merugikan. Kumarin yang dikandung kayu manis bisa menyebabkan gangguan hati dan ginjal. Tapi jika Anda lihat makanan lainnya, kayu manis hanya salah satu dari banyak bahan yang bisa merugikan tubuh.

Racun atau Obat?
"Kopi sebabkan kanker," atau "kopi berbahaya bagi saraf" adalah beberapa hal yang dulu biasa dikatakan orang tentang kopi. Tetapi sekarang banyak peneliti berpendapat, kopi lebih baik dari reputasinya, bahkan bisa mengurangi risiko kanker. Tapi biar bagaimanapun, tidak perlu minum sampai berlebihan.

Anggur Yang Kompleks
Alkohol tidak baik bagi kesehatan. Tetapi anggur merah mengandung molekul-molekul yang dianggap baik, misalnya resveratrol dan antosianin. Jadi sebaiknya diminum atau tidak? Studi epidemiologi jangka panjang menunjukkan, minum satu gelas anggur merah per hari baik, tetapi lebih dari itu bisa berbahanya.

Mentega vs. Margarin
Beberapa tahun lalu, kita dianjurkan untuk menghindari mentega, dan hanya makan margarin. Margarin mengandung lebih sedikit lemak daripada mentega yang berasal dari susu. Tetapi banyak orang sekarang memperingatkan, margarin adalah produk tidak alamiah dan penuh kimia, yang diproduksi industri makanan.

Musuh Alamiah
Dulu jika orang meninggal karena penyakit jantung dan stroke, yang disalahkan kolesterol. Karena kolesterol sumbat pembuluh darah dokter katakan itu harus dihindari sebaik mungkin. Yang termasuk makanan berbahaya adalah telur, keju dan daging. Tetapi tubuh perlu kolesterol dan bahkan memproduksinya sendiri. Sekarang biomolekul lemak tidak terlalu dianggap berbahaya, tetapi tetap jangan berlebihan.

Makanan Beku
Banyak orang menghindari sayur yang dibekukan, karena beranggapan sayur yang dibekukan mengandung vitamin lebih sedikit daripada sayur segar. Tetapi sayuran beku mengandung lebih banyak gizi, karena dibekukan segera setelah dipanen, dan tidak tergeletak di rak supermarket berhari-hari sebelum dibeli konsumen.

Ikan dan Kandungannya
Beberapa tahun lalu, dikatakan asam lemak omega 3 bisa mencegah sakit kanker, sakit jantung bahkan depresi. Sehingga pakar menganjurkan orang meminum tablet omega 3 setiap hari. Sekarang kita tahu lebih banyak lagi. Asam lemak ini memang penting bagi tubuh. Tetapi jika diminum dalam bentuk tablet tidak menguntungkan.

Vitamin Berlebihan Bisa Merugikan
Vitamin penting bagi metabolisme tubuh. Jadi apa yang lebih sehat daripada menelan pil vitamin setiap hari? Terutama vitamin C dinilai bisa menjaga tubuh dari semua penyakit, termasuk flu biasa. Tetapi penjelasan ilmiahnya tidak ada. Sebenarnya, suplemen bisa merugikan. Setidaknya itu yang diketahui sekarang.

Apakah Susu Merugikan?
Susu mengandung kalsium, yang baik bagi tulang dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Itu yang kita ketahui sekarang. Tetapi studi yang dilakukan di Swedia beberapa dekade lalu menunjukkan, orang yang minum banyak susu kemungkinan tidak berumur panjang. Apa sebabnya? Belum ada yang bisa menjawab.

Tidak Semua Yang Organik Baik
Jika dikatakan bahwa sejumlah makanan mengandung zat kimia terlalu banyak, orang biasanya akan memuji makanan organik. Karena diproduksi tanpa pupuk kimia dan zat merugikan lainnya. Tetapi sejumlah studi menunjukkan, makanan organik tidak semuanya mengandung lebih banyak gizi, atau lebih baik daripada makanan non organik. Namun harganya biasanya lebih mahal.

Hidup Seimbang Agar Sehat
Gaya hidup berpengaruh pada tubuh. Statistik menunjukkan, bahwa merokok, minum alkohol dalam jumlah besar dan obesitas tidak sehat. Tapi orang tidak perlu khawatir tentang laporan yang memuji satu makanan dan mengkritik lainnya. Yang penting keseimbangan. Jadi apapun yang dimakan, jangan berlebihan.
( sumber )