>> Berikut daftar hewan berumur panjang

Sejumlah binatang bisa berumur amat panjang. Apa rahasianya, sebagian besar belum terungkap. Yang menarik, tumbuh lambat dan bergerak lambat jadi faktor penting.



Paus
Mamalia laut terbesar ini bisa mencapai umur 200 tahun. Menaksir umur Paus bukan soal gampang. Peneliti biasanya menganalisa mata Paus secara biokimia. Kadang faktor kebetulan bisa membantu, misalnya pada daging Paus yang diburu di dekat kutub ditemukan sisa harpun dari tahun 1890. Anak paus ini juga bisa berumur panjang jika tidak mati diburu pemangsa atau dibunuh manusia.




Kakatua
Namanya mengisyaratkan umurnya. Kakatua abu-abu ini bisa mencapi usia 70 tahun lebih. Kakatua berusia paling tua berada di kebun binatang London yakni 80 tahun. Beberapa jenis burun ini ada yang mencapai usia 90 tahun.




Gajah
Gajah bisa mencapai umur 70 tahun. Hewan ini terkenal sebagai punya perasaan dan setia dan biasa hidup berkelompok. Biasanya gajah tertua menjadi pimpinan kelompok Saat mengembara di sabana mencari rumput segar dan air. Musuh terbesar gajah adalah manusia yang memburu gadingnya.




Ikan Stör
Ikan Stör terkenal karena telurnya yang diolah jadi Kaviar makanan mahal kegemaran orang kaya. Ikan bertulang ini bisa berumur hingga 100 tahun. Siklus hidupnya amat unik, menetas di sungai air tawar kemudian beranang ke laut dan dewasa di sana, saat akan memijah ikan akan kembali ke tempatnya menetas di sungai air tawar, tak jarang berenang menempuh jarak hingga seribu kilometer.




Kura-kura
Hewan berbatok ini terkenal karena rekor umur panjang. Kura-kura raksasa betina peliharaan bernama "Harriet" mati pada tahun 2006 pada umur 175tahun akibat serangan jantung. Sementara kura-kura bernama Lonesome George ini diawetkan setelah mati pada usia sekitar 100 tahun.




Kerang
Sosoknya tidak menonjol tapi bagi para periset memiliki arti penting. Kerang tertua yang ditemukan berusia 410 tahun. Pada cangkangnya kerang membuat cicin pertumbuhan tahunan dari lapisan kapur. Dari cincin pertumbuhan ini para peneliti bisa melacak sejarah iklim dan cuaca serta konsis lautan ratusan tahun ke belakang.




Spons
Spons tumbuh sangat lambat dan umurnya amat panjang. Spesies "Scolymastra joubini" ini hidup di dasar samudra dekat kutub Selatan. Para peneliti dari Alfred-Wegener-Institut di Jerman menaksir umurnya sekitar 10.000 tahun berdasar metabolsime oksigen hewan ini.
( sumber )