>> Tips membuat sumur air yang sehat


Terkadang membuat sumur air menjadi pilihan terutama masyarakat yang tinggal di pedesaan, karena belum terjangkau oleh air PAM, sedangkan masyarakat yang tinggal  di perkotaan juga ada yang masih memilih untuk menggunakan air sumur dengan berbagai pertimbangan, biasanya untuk menghemat biaya tagihan air yang mahal atau karena kualitas air yang kurang baik, sehingga mereka memilih untuk membuat sumur air sendiri.

Sumur air sangat bermanfaat untuk mendapatkan sumber air guna kebutuhan sehari-hari, dengan adanya sumur air di rumah masing-masing penduduk, mereka tidak susah untuk mendapatkan air, apalagi jika musim kemarau datang, dimana sumber air banyak yang mengering, maka disinilah yang harus diperhatikan bagi anda yang ingin membuat sumur air agar mencari tempat tanah yang tepat agar sumber air yang akan digali untuk sumur air bisa terus mengalir deras meskipun dimusim kemarau,, dan yang juga tidak kalah pentingnya adalah kualitas kebersihan serta kejernihan airnya.

Membuat sumur merupakan sebuah usaha untuk mendapatkan air tanah. Kedalaman sumur masing-masing daerah berbeda. Tetapi untuk mendapatkan air sumur yang jernih Anda harus menggali sumur yang cukup dalam. Atau ikuti standar di bawah ini;

  1. Sumur dalam dengan kedalaman lebih dari 10 meter
  2. Membuat sumur jauh dari MCK, minimal jaraknya 10 meter
  3. Memilih lokasi bekas tanaman berakar serabut
  4. Tekstur tanah bagian bawah yang dipilih mengandung pasir
  5. Jangan pilih tempat bekas pembuangan sampah
  6. Hindari tempat bekas rawa




Itulah tadi tips-tips yang harus diperhatikan untuk membuat sumur air, agar air yang nantinya anda gunakan adalah air yang bersih, jernih, tidak berbau dan tentunya sehat berkualitas, semoga bermanfaat.