>> 5 Cara Menjernihkan Air Sumur Keruh Kuning


Air merupakan kebutuhan mendasar dan paling penting untuk kebutuhan hidup manusia. Kesehatan seseorang tidak bisa dipisahkan kaitannya dengan air. Ketersediaan air di dunia ini sebenarnya sudah sangat banyak. Sayangnya, ini tidak diimbangi dengan ketersediaan air jernih yang sehat. Banyak orang yang membuat sumur tidak bisa mendapatkan air yang sehat dan sesuai dengan harapan. Bahkan, mereka mendapatkan air sumur yang keruh, kuning, dan bau.
Tentu saja, air ini tidak layak minum dan justru bisa menimbulkan gangguan kesehatan jika dipaksakan. Untuk mengatasinya, berikut 5 cara menjernihkan air sumur keruh kuning.

1. Buat sumur secara standar
Membuat sumur merupakan sebuah usaha untuk mendapatkan air tanah. Kedalaman sumur masing-masing daerah berbeda. Tetapi untuk mendapatkan air sumur yang jernih Anda harus menggali sumur yang cukup dalam. Atau ikuti standar di bawah ini;

  • Sumur dalam dengan kedalaman lebih dari 10 meter
  • Membuat sumur jauh dari MCK, minimal jaraknya 10 meter
  • Memilih lokasi bekas tanaman berakar serabut
  • Tekstur tanah bagian bawah yang dipilih mengandung pasir
  • Jangan pilih tempat bekas pembuangan sampah
  • Hindari tempat bekas rawa


2. Memakai tawas
Salah satu cara menjernihkan air sumur keruh kuning dengan water filter sederhana yang sering diaplikasikan oleh masyarakat adalah penggunaan batu tawas. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan beberapa orang sudah membuktikan efektivitasnya. Tawas bekerja dengan cara menyerap kotoran-kotoran yang ada di sekitarnya. Setelah diserap kotoran akan diendapkan sehingga akan membuat air lebih jernih. Semakin dalam sumur Anda, maka akan semakin banyak tawas yang akan Anda butuhkan. Untuk melihat hasilnya, Anda juga perlu menunggu tiga hari. Hal yang sama juga harus Anda lakukan ketika memakai ijuk. Cara tradisional yang lain biasanya dilakukan untuk menjernihkan air.




3. Arang kelapa
Arang tempurung kelapa merupakan salah satu zat yang dinilai memiliki efektivitas baik untuk menjernihkan air di dalam sumur. Cara kerjanya menyerupai tawas, yakni menyerap partikel dan endapan yang ada di dalam air. Kemudian menghasilkan air yang lebih jernih dan terlihat bersih. Kandungan yang membahayakan juga diserap oleh arang tempurung kelapa yang dalam hal ini disebut karbon aktif.

4. Menguras sumur
Pengurasan sumur juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi air sumur keruh, bau, dan kuning. Pengurasan sumur disarankan dilakukan setahun sekali agar kandungan air dapat dijaga.
( sumber )