>> Inilah 10 Fakta tentang kulit manusia


Berbagai fungsi dimiliki oleh bagian tubuh terluar ini, seperti sebagai alat peraba, pelindung, pangatur dan penyeimbang suhu tubuh. Berikut beberapa fakta tentang kulit yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Bisa Ungkap Rahasia
Kulit merupakan organ terbesar dan terberat pada tubuh manusia. Seorang dewasa memiliki sekitar 2 meter persegi kulit, dan beratnya mencapai 14 kg. Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh, dan bisa menunjukkan banyak hal tentang kita, seperti usia, berasal dari mana dan gaya hidup kita.

2. Penghuni Gelap
Pada kulit manusia hidup berbagai mikroorganisme. Pada pusar misalnya, bermukim sekitar 2.400 spesies bakteri. Para ilmuwan memperkirakan, pada kulit manusia tinggal sekitar 100.000.000.000.000 mikroorganisme. Setelah pengembangan instrumen rekayasa genetika, para penghuni kulit yang masih belum diketahui secara luas mulai diteliti.

3. Lahir Dilindungi Bakteri
Bakteri menempati kulit mulai saat bayi lahir, dengan "mandi bakteri“. Saat terlahir, kulit bayi ditutupi campuran khusus bakteri dari vagina ibu. Menurut peneliti, "mantel biologis“ ini sangat mempengaruhi perkembangan sistem kekebalan tubuh. Bayi yang lahir lewat operasi ceasar, yang tidak melewati tahap "mandi bakteri“, menurut peneliti, cenderung rentan pada alergi, asma dan penyakit autoimun.

4. Kotoran Rumahtangga
Sel kulit manusia terus tumbuh baru. Begitu cepatnya sampai tidak disadari bahwa dalam 28 hari kita memiliiki kulit yang sama sekali baru. Pada kurun waktu ini, sekitar 30.000 sampai 50.000 sel kulit lama mati. Setiap tahunnya, manusia kehilangan sampai 4 kilogram kulit. Dan sekitar 50 persen debu di rumah merupakan kulit manusia,

5. Cermin Jiwa
Atopic dermatitis atau eksim atopic karena stress, psoriasis karena sedih: banyak penyakit kulit juga dipengaruhi faktor psikologis. Para meneliti beranggapan, terdapat protein semacam molekul yang disebut neuropeptide yang membuat kulit bagai cermin dari jiwa, dengan cara membuat rangsangan psikologis melalui sistem saraf dari otak ke kulit, dan memperparah peradangan pada kulit.




6. Penyakit Serius
Tidak banyak yang tahu bahhwa penyakit kulit adalah salah satu dari lima penyakit tidak menular yang paling berat. Selain kanker, diabetes, jantung dan penyakit pernafasan, WHO menempatkan penyakit kulit Psoriasis dalam daftar penyakit berat. Di seluruh dunia terdapat 125 juta orang yang menderita penyakit yang tidak dapat disembuhkan ini.

7. Jalur Pembuang
Saat cuaca panas, lewat kulit tubuh kita mengeluarkan hingga 10 liter keringat. Kulit memilikio sekitar 2 juta kelenjar keringat yang tersebar di seluruh tubuh, terutama di ketiak, kepala, leher, kening dan telapak kaki serta tangan. Keringat berfungsi untuk menjaga mantel asam kulit agar tetap mengeluarkan metabolisme beracun dan menurunkan suhu tubuh.

8. Pelindung Tubuh
Dengan sekitar 250.0000 reseptor thermo, kulit manusia juga berfungsi sebagai pelindung tubuh dari dingin dan panas. Reseptor yang terletak di ujung sel saraf kulit ini berfungsi untuk merespon suhu di udara. Bagian tubuh yang paling banyak memiliki reseptor ini adalah telinga, hidung dan dagu. Itulah sebabanya bagian tubuh ini cepat sekali merasa dingin.

9. Evolusi Pigmen
Menurut penelitian, nenek moyang manusia berkulit hitam. Kulit menjadi lebih putih saat manusia bermukim di wilayah utara bumi yang dingin. Memutihnya pigmen kulit berlangsung hanya 20.000 sampai 50.000 tahun yang lalu. Alasisa gen menunjukkan bahwa 5000 tahun lalu kulit warga Eropa masihh lebih gelap dibandingkan sekarang.

10. Paling Tebal
Dibandingkan dengan binatan, kulit manusia terbilang sangat tipis: 0,04 mm pada kelopak mata sampai 4 mm pada tumit kaki. Dengan tebal satu sampai 5 cm, badak merupakan binatang darat yang berkulit paling tebal. Sementara rekor ketebalan kulit dipegang oleh hiu paus. Spesies ikan terbesar dii bumi ini memiliki kulit setebal 15 cm.
( sumber )