>> Cara ampuh menghilangkan bau mulut


Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka mengidap "penyakit" ini sampai seseorang memberitahu mereka. Dan tidak semua orang mau memberitahu orang yang mulutnya bau karena takut menyinggung perasaannya. Sebaiknya keluargalah yang menolong si penderita bau mulut dengan secara halus menyarankan dia memakai obat kumur atau ke dokter gigi. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memerangi bau mulut.

Sikat gigi
Paling tidak dua kali sehari kita harus sikat gigi, dan bukan saja gigi, tetapi juga lidah, langit-langit, dan sisi mulut. Sisa-sisa makanan membuat bakteri berkembang biak dan menimbulkan bau di mulut. Membersihkan sela-sela gigi dengan benang floss juga penting karena sikat gigi saja sulit untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi.

Obat kumur
Obat kumur dapat membunuh bakteri di mulut dan menghilangkan bau mulut. Kita dapat menyediakan obat kumur di tempat kerja untuk dipakai sehabis makan. Ada orang yang rajin menyikat gigi sehabis makan. Paling tidak kita dapat berkumur dengan air untuk membersihkan sisa-sisa makanan di mulut.

Minum air
Mulut yang kering menimbulkan bau, karena itu waktu kita bangun pagi mulut bau karena produksi air ludah berkurang bila kita tidur. Begitu pun puasa mengakibatkan mulut bau. Sebaiknya kita makan sarapan setiap pagi dan minum banyak air.

Permen karet
Beberapa dokter gigi menganjurkan pasiennya mengunyah permen karet untuk menjaga kebersihan gigi. Namun ada juga yang tidak menganjurkan hal ini bagi pasien yang mempunyai tambalan di mahkota giginya karena kuatir copot. Bila Anda tidak mempunyai masalah ini Anda dapat sesekali mengunyah permen karet untuk menyegarkan napas. Jangan menjadikan ini kebiasaan tanpa henti karena Anda akan tampak seperti sapi yang memamah biak.

Pepermin
Bila Anda tidak suka permen karet, masih ada permen pedas alias pepermin. Sebetulnya pepermin cuma menutupi bau mulut kita untuk sementara, tetapi ada baiknya juga bila kita masih mengidap mulut bau, paling tidak lawan bicara kita akan mencium bau segar pepermin, bukannya menutup hidung karena bau mulut kita.

Makanan
Saya pernah mempunyai teman kerja yang baik. Saya suka mengobrol dengan dia di saat senggang. Tetapi gara-gara dia saya tidak pernah mau makan jengkol walau sesudah menikah suami saya memperkenalkan saya dengan semur jengkol yang aduhai lezatnya. Selain jengkol negeri kita yang subur makmur ini diberkati banyak makanan lain yang lezat namun mengandung efek yang sama bila dimakan, yaitu petai dan duren. Meskipun Anda tidak menderita penyakit bau mulut tetapi sesudah menikmati makanan-makanan ini sebaiknya Anda langsung sikat gigi sebelum ngobrol dengan orang lain.

Bila semua ini sudah Anda kerjakan namun Anda masih mengidap bau mulut, kunjungi dokter gigi Anda dan mintalah nasihat.