>> Berikut 5 Tanda air kencing yang tidak normal


Bagaimana mengetahui air kencing Anda normal atau tidak? Bagaimana jika terlalu coklat? Bagaimana jika terlalu bening? Sehatkah?
Tahukah Anda, bahwa air kencing (urine) Anda bisa menjadi indikator dari kondisi kesehatan tubuh Anda? Dari sekedar setitik darah yang hadir di air kencing, aroma, bahkan sekedar warna air kencing Anda menandakan kondisi tubuh yang Anda miliki.

Setiap hari, ginjal Anda menyaring 200 liter darah. Sistem penyaringan ginjal yang kompleks menjaga keseimbangan fungsi kimia dan mineral dalam tubuh dan membuangnya menjadi urine. Namun bagaimana mengetahui urine Anda normal atau tidak?


1. Kejernihan Air Kencing
Warna dan 'konsentrasi' urine dapat membantu Anda mengetahui apakah hidrasi Anda cukup.
Jika warna urine Anda kuning gelap, mungkin saja Anda mengalami dehidrasi atau kurang minum.
Dehidrasi juga dapat mengakibatkan batu ginjal karena mineral penyebab batu akan terkonsentrasi pada ginjal dan saluran air.
Jadi pastikan Anda cukup minum air putih dan warna urine Anda jernih.

2. Warna & Bau Air Kencing
Jika urine Anda tidak berwarna kuning, bisa jadi hal tersebut merupakan hal yang serius (misalnya terdapat darah di dalam urine). Namun bisa jadi hal tersebut juga berkaitan dengan diet ataupun obat yang Anda konsumsi.
Misalnya jika Anda sering mengonsumsi buah bit, urine Anda dapat berwarna merah jambu. Hal ini seringkali mengecoh jika terdapat sel darah merah dalam urine, urine Anda dapat berwarna merah maupun seperti teh botol.
Sama halnya dengan bau. Makanan tertentu dapat menyebabkan bau spesifik seperti asparagus. Atau jika Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu atau vitamin dapat juga memberikan bau tertentu.


3. Tanda Awal Kerusakan Ginjal
Protein dalam urine dapat menjadi suatu penanda utama adanya kerusakan ginjal, terutama pada orang yang menderita diabetes. Protein pada urine dapat menghasilkan busa berlebih pada urine.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan hubungan gejala awal kerusakan ginjal dengan faktor lainnya adalah:

  • Jika Anda berusia lebih dari 60 tahun
  • Menderita diabetes
  • Hipertensi
  • Riwayat keluarga yang menderita gagal ginjal

Maka ada baiknya Anda memeriksakan analisa urine secara rutin.

4. Tanda Diabetes
Jika Anda buang air kecil cukup sering dalam jumlah yang banyak, bisa jadi Anda menderita diabetes.
Jika darah Anda mengandung banyak "gula" dan tubuh tidak dapat memprosesnya secara efektif, maka ginjal Anda akan bekerja ekstra keras untuk mengeluarkannya.
Jika demikian, maka tidak ada salahnya untuk melakukan secara tertib dan berkala pemeriksaan kandungan gula darah Anda. Selain itu, tegakkan pola hidup aktif dan sehat guna menekan potensi ancaman diabetes yang ada.

5. Tanda Infeksi
Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri terdapat di saluran kemih dan berreplikasi. Bakteri biasanya masuk ke dalam saluran kemih melalui uretra atau lubang kencing. Gejala infeksi saluran kemih diantaranya tidak lampias saat buang air kecil, tidak dapat menahan buang air kecil, rasa panas sewaktu buang air kecil atau juga perubahan warna dan bau pada urine.
( sumber )