>> 6 Jenis tanaman penyaring racun dalam udara yang bisa ditanam di sekitar rumah

Indonesia kaya akan bergam jenis tanaman, tumbuhan dan aneka ragam hayati lainya, namun di kota-kota besar semakin menipis akan tersedianya ruang hijau yang berfungsi sebagai paru-paru kota menyediakan oksigen segar alami serta menangkal pencemaran dan polusi udara akibat asap kendaraan bermotor dan polusi pabrik.

Namun untuk memenuhi tersedianya oksigen bagi lingkungan keluarga serta pencegahan/ penangkal dari udara kotor, kita bisa memulainya dengan menggerakan penghijauan di lingkungan sekitar kita dengan menanam tanaman-tanaman yang baik untuk penyerapan karbon udara berbahaya sekaligus dapat juga digunakan sebagai penyegar alami ( penghasil oksigen ). Karena tanaman sendiri dapat menyaring kandungan yang beresiko dalam udara lalu mengolahnya jadi udara yang bersih untuk kita hirup. Seperti studi yang dilakukan dan ditemukan oleh NASA bahwa beberapa jenis tanaman hias bila ditempatkan didalam ruangan rumah dapat berguna sebagai penyaring terhadap racun yang terkandung didalam udara.

Sebagaimana yang direkomendasikan oleh Shabnam Singh, pendiri Gift A Plant - Wonder Woman India, bahwa terdapat 6 tipe tanaman hias yang dapat menghilangkan racun di udara :


1. Sansevieria
Tanaman Sansevieria merupakan tanaman hias yang dapat menyaring sebagian racun yang terkandung didalam udara sekalian. Tanaman ini juga di kenal dengan nama lidah mertua. Ada beberapa jenis racun yang mampu disaring oleh tanaman ini seperti, benzene, formaldehida, trichloroethylene, serta xilena. Lidah mertua merupakan tanaman yang mudah dalam perawatanya, karena tanaman ini tidak membutuhkan banyak air serta tahan dalam kondisi terik panas matahari.




2. Draceana marginata
Tanaman yang mempunyai daun runcing berwarna kemerahan ini ampuh singkirkan xilena, trichloroethylene serta formaldehida di udara. Bila anda ingin membudidayakan tanaman ini, perawatanya cukup mudah, anda cukup menyiramnya satu kali dalam sehari serta ditempatkan di sudut ruangan yang selalu memperoleh sinar matahari langsung.






3. Pohon Beringin
Tanaman beringin atau nama latinnya Ficus Benjamina merupakan tanaman yang sangat ampuh untuk membersihkan udara. Daunya yang lebat, pohonya yang rindang dan akarnya yang kuat, sangat bagus sebagai pohon peneduh, tanaman ini menjadi salah satu pohon favorit yang diletakkan di sudut­-sudut kota.




4. Lidah buaya
Tanaman ini selain memiliki manfaat untuk kesehatan serta kecantikan, ternyata juga bermanfaat untuk membersihkan udara dari polutan berbahaya. Tanaman ini dapat menyaring formaldehida.




5. Palem bambu
Disamping indah sebagai tanaman hias dirumah, tanaman ini sangat ramah lingkungan serta dapat menyaring kandungan benzena, trichloroethylene, serta formaldehida dalam udara.




6. Garden mum
Tanaman ini satu keluarga dengan aster, tanaman yang mempunyai nama latin Chrysanthemum morifolium, dapat membersihkan benzena, xilena, benzena serta formaldehida dari udara dalam ruangan.