>> Inilah 8 manfaat lain dari kulit Pisang yang sangat berguna


Selain untuk menjaga kesehatan manusia, ternyata kulit pisang juga memiliki manfaat lain. Berikut akan diulas mengenai manfaat kulit pisang untuk berbagai hal, antara lain:

1. Mengilapkan sepatu
Selain digunakan untuk kesehatan, kulit pisang juga digunakan untuk kebersihan. Kulit pisang dapat digunakan untuk mengilapkan sepatu. Sepatu yang terlihat kusam dapat mengilap kembali seperti baru. Caranya sangat sederhana, cukup dengan menggosokkan kulit pisang pada sepatu seperti menggunakan semir sepatu. Selain dapat digunakan sebagai pengganti semir sepatu, kulit pisang juga dapat digunakan sebagai pengilap alat-alat dapur atau benda yang terbuat dari logam. Jadi tidak perlu repot membeli pembersih untuk membersihkan peralatan.

2. Sebagai pupuk kompos organik
Dengan adanya kandungan kalium dan fosfor yang sangat melimpah, maka kulit pisang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos organik serba guna. Hal ini tentu akan menguntungkan. Karena selain mengurangi polusi sampah, juga menyuburkan tanaman sehingga lingkungan menjadi lebih sehat. Caranya adalah dengan mencampurkan kompos dengan kompos yang sudah dibuat dari fermentasi lainnya. Kulit pisang berfungsi untuk mempercepat perkembangan akar dan kesehatan tanaman.

3. Sebagai kompos siram
Selain dicampurkan ke dalam pupuk kompos, kulit pisang juga dapat dimanfaatkan sebagai kompos siram bagi tanaman. Caranya adalah campurkan kulit pisang dengan air dan letakkan dalam ember atau drum. Diamkan selama seminggu dan setelah itu dapat menggunakan olahan yang sudah berumur satu minggu ini untuk menyirami tanaman dalam kebun atau tanaman hias dalam pot. Olahan ini akan menjadi makanan ekstra bagi tanaman. Kandungan kalium serta fosfor akan memberikan tanaman dorongan energi supaya tanaman dapat tumbuh dengan kuat.

4. Nutrisi bibit tanaman
Masih banyak manfaat kulit pisang bagi tanaman. Selain menjadi pupuk, kulit pisang juga menjadi nutrisi bagi bibit tanaman. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Sediakan media tanam seperti pot atau polybag atau langsung ke lahan tanah.
  • Potong satu bagian kulit pisang menjadi potongan kecil-kecil.
  • Kemudian masukkan ke dalam tanah dengan kedalaman yang sesuai dengan akar bibit tanaman.

Cara ini diyakini dapat memberikan dorongan nutrisi yang akan membantu dalam perkembangan akar dan ketahanan tanaman terhadap penyakit. Pastikan juga bahwa benih atau bibit tidak langsung menyentuh kulit pisang karena akan dapat membakar dan merusak akar serta biji.

5. Kulit pisang kering menjadi pupuk
Kulit pisang kering dapat dijadikan pupuk bagi tanaman. Caranya dengan mengeringkan kulit pisang pada terik matahari. Kemudian giling hingga teksturnya lumayan halus atau ditumbuk atau dicincang kecil-kecil dan kemudian masukkan ke dalam media tanam seperti pot, polybag, atau lahan tanah. Ini akan memberikan efek sama seperti kompos, namun tidak memiliki risiko untuk membakar tanaman. Hal ini dikarenakan telah terjadi proses pengeringan dengan efek panas matahari. Ini adalah cara untuk meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan secara keseluruhan.

6. Menyingkirkan kutu dan serangga
Kuburkan beberapa potongan kecil kulit pisang yang matang di bawah permukaan tanah akan membersihkan kutu daun yang ada di dalam tanah tersebut. mengapa? Karena hama seperti kutu dan serangga tidak menyukai gas yang dikeluarkan oleh kulit pisang. Namun jangan menanam kulit pisang terlalu banyak. Hal ini dapat menimbulkan masalah baru seperti datangnya tikus karena tikus akan mencari sumber bau dan mengambil kulit pisang.

7. Pembersih alami
Kulit pisang juga bermanfaat sebagai pembersih tanaman hias. Hal yang dimaksud adalah membersihkan permukaan daun tanaman hias. Caranya dengan menggosokkan sisi putih kulit atau bagian dalam kulit pada daun dan batang tanaman hias. Hal ini berguna agar tanaman terlihat lebih menarik dan bersih serta menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.

8. Pakan ternak
Manusia dan tanaman bukan satu-satunya penikmat kulit pisang. Namun hewan ternak seperti ayam, kelinci, sapi, dan hewan lainnya juga dapat merasakan manfaat kulit pisang tersebut. Campurkanlah kulit pisang dengan makanan pokok hewan tersebut dalam jumlah yang secukupnya. Pastikan kulit pisang bersih dan terhindar dari pestisida atau racun lainnya. Gunakan cara ini dengan hati-hati karena tiap ternak memiliki efek yang berbeda-beda. Maka perlu dilakukan uji coba terlebih dahulu apakah ternak aman mengonsumsi kulit pisang atau tidak. Namun gizi dalam kulit pisang sangat bagus untuk pertumbuhan ternak. Dengan demikian, lebih menghemat uang karena tidak perlu repot membeli vitamin penyubur ternak. Selain itu, cara ini lebih alami jika dibandingkan dengan pemberian vitamin pada ternak.

Itulah beberapa manfaat dari kulit pisang. Setelah mengetahui itu semua, semoga semua orang menjadi lebih bijak untuk tidak membuang kulit pisang dan memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari. Selain menghemat ruang karena tidak adanya tumpukan sampah pisang juga bisa lebih berhemat. Selain bagi manusia, kulit pisang juga sangat berguna bagi tanaman dan hewan. Sungguh sangat efektif sekali semua bagian dari tanaman pisang. Kita bisa memanfaatkan semua bagiannya bahkan kulitnya.