>> Ketahui 8 sebab Anda susah tidur


Anda merasa sudah melakukan semua yang diperlukan agar bisa tidur, tapi tetap tidak bisa tidur tenang? Coba perhatikan beberapa hal ini.

1. Posisi Pinggul
Banyak orang gemar tidur dengan berbaring pada salah satu sisi. Posisi ini mungkin enak tapi kerap menyebabkan kedua dengkul bergesekan, juga miringnya posisi pinggul. Kemiringan ini mengakibatkan rasa sakit pada dengkul. Oleh sebab itu disarankan agar orang menempatkan bantal kecil di antara dengkul. Ini mencegah gesekan antar dengkul dan meratakan posisi pinggul.

2. Kasur Tidak Menunjang Punggung
Kasur yang tepat dan sesuai dengan bentuk tubuh penting bagi tidur yang sehat. Jika orang bisa menyelipkan tiga jari di antara punggung dan kasur, berarti kasur tidak memenuhi fungsinya. Oleh sebab itu ada baiknya jika kasur dibalik setiap enam bulan. Jika Anda selalu bangun tidur dengan tubuh yang kaku dan sakit, mungkin kasur sebaiknya diganti.

3. Keributan Yang Tidak Biasa
Orang biasanya mampu beradaptasi dengan keributan tertentu yang secara teratur terdengar di malam hari. Misalnya peluit kereta setiap pukul dua malam. Namun orang akan mudah terganggu sesuatu yang tidak selalu terdengar. Misalnya keributan yang diakibatkan kucing jalanan. Pakar menyarankan agar orang memutar rekaman audio yang bisa menutupi gangguan tiba-tiba tersebut, misalnya suara ombak.

4. Obat-Obatan Ada Yang Ganggu Tidur
Obat-obatan kadang punya kandungan yang bisa mengganggu tidur, antara lain kafein. Misalnya obat untuk mengatasi depresi, darah tinggi, sakit jantung. Kandungan Diuretik pada obat untuk mengatasi darah tinggi menyebabkan orang sering harus ke buang air kecil. Jika terlalu sering, ini tentunya gangguan bagi tidur. Jika harus minum obat, disarankan agar orang menanyakan perincian kandungan obat.

5. Efek Cahaya bagi Tidur
Untuk tidur orang butuh hormon Melatonin. Inilah bantuan alamiah agar bisa tidur. Tapi hanya sedikit saja cahaya bisa turunkan kadar Melatonin, dan penurunan terjadi dalam beberapa menit saja. Agar mudah tidur, disarankan mulai kurangi cahaya 30 menit jelang tidur. Angka weker yang bercahaya merah tidak terlalu mengganggu tidur dibanding putih. Juga matikan semua alat elektronik termasuk gadgets.

6. Makan Terlalu Banyak
Menurut hasil penelitian, setelah makan terlalu banyak orang biasanya tidak bisa tidur dengan tenang. Penyebabnya, perut yang terlalu penuh menstimulai gelombang di otak yang menyebabkan mimpi buruk. Semakin tidak sehat makanan yang disantap, mimpi semakin mengganggu.

7. Jangan Gunakan Komputer
Menggunakan komputer sebelum tidur bisa mengganggu tidur, demikian hasil penelitian. Penyebabnya, sinar biru dari komputer, tablet komputer dan ponsel pintar menekan jumlah hormon Melatonin, yang jadi pembantu tidur alamiah dalam tubuh. Selain mengganggu "jam tubuh", penurunan Melatonin juga bisa meningkatkan risiko obesitas.

8. Kurangi Stres dan Pikiran Mengganggu
Tunda sampai besok untuk membicarakan beberapa hal yang mengganggu. Karena itu tidak akan menenangkan melainkan menyebabkan orang tidak bisa tidur. Stres dan stimulasi yang terlalu banyak sebelum tidur menyebabkan ketenangan terganggu, padahal itu diperlukan menjelang tidur.
( sumber )