>> 11 Tips aman terhindar dari Begal saat di perjalanan


Kejahatan pembegalan bisa menimpa siapa saja, dimanapun dan kapanpun, yang mana asal ada kesempatan dan rasa kepepet karena urusan ekonomi, maka gelap mata yang diutarakan dengan menggasak harta benda pengguna jalan dengan membantainya langsung akan terjadi. Sebagai pengguna jalan yang sering wara - wiri di jalan raya,  untuk menghindari hal tersebut Kita semua harus tetap waspada.

Selain waspada, tentunya ada beberapa hal yang harus Kita perhatikan jika Kita tidak ingin menjumpai atau aman dari serangan kejahatan yang beraksi di jalanan ini, berikut ulasan tips aman Terhindar dari pembegalan

  1. Aksi begal umumnya dilakukan dikala penerangan jalan mulai redup karena bergantinya siang ke malam, sebagai antisipasi agar tidak kena serangan begal, maka sudah pasti Kita harus menghindari berpergian di malam hari, karena kebanyakan begal melancarkan aksinya di malam hari, terutama di jalanan yang sepi.
  2. Apabila Kita terpaksa berpergian dimalam hari, usahakan mencari jalur yang ramai, dan juga usahakan penerangan jalan yang Kita lewati juga mumpuni, meski harus menempuh rute yang lebih jauh….pasalnya aksi begal banyak dilakukan di jalan yang sepi, dan minim penerangan.
  3. Jika terpaksa harus pergi di malam hari, usahakan berpergiannya dengan  mengajak teman, dimana secara pemikiran manusiawi, dua orang dengan satu orang saja penaklukannya sudah pasti giampang yang satu orang. Jadi secara tidak langsung kalau Kita berkendara dengan dibarengi teman, setidaknya pelaku begal dalam melakukan aksinya akan berfikir dua kali.
  4. Jauhi fikiran yang kosong, maksudnya?? jika berkendara jangan melamun, lupakan dulu segala urusan, fokus berkendara saja, karena jika ada yang mengikuti Kita dan ingin berbuat jahat pada Kita, setidaknya Kita bisa memasang kecurigaan dan waspada pada pelaku.
  5. Jika Kita mau behenti sejenak karena rasa kantuk yang tak tertahankan, maka carilah tempat yang ramai, yang banyak orang untuk dijadikan tempat pemberhentian, seperti di warung kopi tempat nongkrong orang, sembari berhenti minum kopi dan beristirahat dahulu, biar kantuknya hilang.
  6. Berhati hatilah, misalkan ada orang bertanya kepada Kita, apalagi orang yang tidak Kita kenal…bisa jadi itu modus dari si pelaku Begal…!!
  7. Jika terpaksa harus melewati jalan yang sepi, usahakan cari kendaraan lain yang lewat sebagai teman, usahakan ada beberapa kendaraan roda empat atau roda dua yang lewat baru Kita mengekor. Berkendara secara rame - rame memungkinkan pelaku begal mengurungkan niatnya. Misalnya tidak ada kendaraan yang lewat satupun, urungkan niat melewati jalan sepi tersebut, segera putar balik cari jalan yang lebih aman dilalui.
  8. Jika berkendara selalu fokus di sekeliling Kita, di depan, samping dan belakang (melihat spion). Jika didapati ada orang yang mengikuti Kita, maka segeralah tambah kecepatan kendaraan Kita untuk menuju keramaian.
  9. Pandangan mengarah ke depan, gunakan lampu jauh, jika didapati ada grombolan orang, pohon tumbang, kendaraan mogok yang mencurigakan, usahakan putar balik dan cari jalan lain, pasalnya buat jaga jaga saja, siapa tau itu modus pelaku kejahatan yang mencari mangsa.
  10. Jika sudah terlanjur sudah di pepet sama pelaku begal, apa yang harus dilakukan?? yang harus dilakukan adalah  tancap gas mentok motor Kita, tanpa di rem..!! bunyikan klaksonnya biar memancing massa, segera meluncur ke pusat keramaian. 
  11. Kalau sudah kena begal ditempat? aksi apa yang harus dilakukan? Hal yang paling aman adalah tinggalkan saja kendaraan Kita, dan segera lari sekuat tenaga ke pusat keramaian, atau ke rumah warga sekitar, masalah harta dan rejeki bisa di cari lagi, nyawa Kita lebih berharga daripada harta benda Kita. Harta benda hilang, Kita bisa nyari lagi, nyawa hilang?? kemana kita harus mencari, karena untuk urusan hidup dan mati seseorang hanya Tuhan Yang Kuasa dan ber Hak untuk mencabutnya.

Demikian 11 Tips Aman Terhindar dari Begal, mudah mudahan bisa berguna khususnya bagi pengguna jalan yang sering berpergian dimalam hari, kuncinya tetap berhati - hati ketika melintas di jalanan sepi, apalagi di malam hari, semoga tips ini bermanfaat untuk anda.
( sumber )