>> 5 Tips mengatasi rasa cemas saat naik pesawat


Anda termasuk orang yang takut melakukan perjalanan udara? Tenang saja, Anda tak sendiri. Di Amerika Serikat, ada 25 juta orang mengalami kecemasan saat bepergian melalui udara atau aerophobia.

1. Mencari Tahu
Mencari tahu apa pemicu Anda takut dengan perjalanan udara adalah langkah pertama sebelum melakukan tindakan berikutnya untuk menaklukkan kecemasan. Sebab ketakutan setiap orang berbeda-beda, ada yang takut saat pesawat lepas landas, tetapi ada pula yang takut pada turbulensi.

2. Biasakan Mendengar Suara Pesawat
Suara bising pesawat, seperti roda-roda ketika hendak mendarat, kadang membuat panik. Akan tetapi, dengan membiasakan diri mendengar suara-suara bising seperti itu, pada saat yang sama Anda akan menyadari pada fakta ketatnya langkah-langkah keselamatan di dalam pesawat.

3. Cari Tahu Penyebab Turbulensi
Turbulensi umumnya terjadi ketika pesawat bertemu dengan awan atau arus udara sehingga membuat pesawat bergetar. Semakin banyak Anda mencari tahu penyebab pesawat berguncang, maka semakin berkurang rasa takut Anda.

4. Bawa Foto–Foto Menarik
Visualisasikan negara tujuan atau bayangkan Anda sudah berada di sana. Hal ini untuk mengatasi rasa takut dan membantu Anda tetap fokus bahwa ada “hadiah” dari segala rasa takut ini. Pejamkan mata dan buat tubuh senyaman mungkin sambil membayangkan hal-hal positif dari perjalanan Anda.

5. Gunakan Teknik Relaksasi atau Pernafasan
Cara ini digunakan untuk menenangkan diri karena saat panik biasanya nafas memendek atau otot-otot tubuh menegang. Maka dengan mengendurkan otot-otot tubuh yang tegang dan menarik nafas panjang dalam-dalam, Anda sekaligus mengurangi perasaan cemas yang sedang melanda.
( sumber )