>> Tips aman melumpuhkan ikan lele mati total saat digoreng


Ikan lela salah satu ikan favorit masyarakat Indonesia, harganya yang terjangkau serta rasanya yang gurih, apalagi menu pecel lele yang sangat terkenal tersebut, dijual para pedagang kaki lima hingga restoran  yang tersebar dari kota hingga ke pelosok desa.
Menu ikan lele goreng juga nikmat disajikan sebagai lauk dalam menu makanan sehari-hari. Namun ikan lele termasuk salah satu ikan yang sulit untuk dilumpukan mati secara total, meski sudah disembelih dan kepalanya remuk, ikan lele masih bergerak, bahkan saat digoreng masih bergerak agresif, dan ini  membahayakan bagi anda yang menggorengnya, karena cipratan minyak panas bisa mengenai tangan atau anggota tubuh lainya dan menyebabkan luka bakar melepuh.
Terkadang ikan lele kelihatan sudah mati dan tidak bergerak saat kita sembelih atau kita pukul, tapi saat digoreng masih bisa bergerak agresif, dan ini sangat membahayakan. Namun anda tidak perlu kawatir, ada tipsnya bagaimana agar ikan lele bisa lumpuh mati total bahkan saat digoreng tidak bergerak lagi, ada 2 tips cara bagaimana ikan lele agar mati total tidak bergerak.


1. Cara direndam dalam air es batu


Caranya cukup mudah dan praktis, anda cukup sediakan bongakahan es batu dalam wadah ember dan diberi sedikit air, lalu  masukan dan rendam  ikan lele yang masih hidup kedalam wadah ember yang berisi air es batu tersebut, tunggu 10  - 15 menit, ikan lelel mati total tidak bergerak, tinggal anda sembelih bersihkan dan goreng dengan aman.



2.  Cara dipatahkan leher ikan lele


Cara yang kedua adalah dengan mematahkan leher ikan lele, metode ini perlu kehati-hatian, karena jika kurang hati-hati, anda bisa terkena goresan sirip ikan lele yang tajam, caranya pegang ikan lele erat-erat dengan kedua tangan, kemudia patahkan leher ikan lele hingga berbunyi “ krek” , dipastikan ikan lele sudah tidak bergerak lagi, jika bergerakpun tidak agresif dan kemudian mati.
Namun jika ikan lele masih bergerak agresif, berarti anda kurang tenaga dalam mematahkan leher ikan lele, bisa anda ulangi lagi dengan tenaga lebih kuat.


3. Mengkombinasikan cara 1 dan 2
Cara yang paling aman dan akurat adalah dengan mengkombinasikan cara 1 dan 2, yaitu anda masukan dan rendam ikan lele dalam ember bongkahan air es batu, jika ikan lele sudah kelihatan tidak bergerak, anda ambil dan patahkan leher ikan lele untuk memastikan keakuratan bahwa ikan lele lumpuh mati total 100%. Cara ini juga mempermudah anda dalam menangkap dan memegang ikan lele dengan aman
Selanjutnya anda bisa menyembelih dan membersihkan ikan lele,  kemudian tinggal digoreng dengan aman, karena ikan lele sudah mati total tidak bergerak.

Itulah tadi tips dan cara melumpuhkan ikan lele agar mati total dan tidak bergerak lagi saat digoreng, semoga tips ini bermanfaat.
( original )