>> 9 Efek baik pada tubuh. usai anda memutuskan berhenti merokok


Dalam istilah medis, kecanduan merokok dapat mempengaruhi mental dan fisik. Sehingga menimbulkan keinginan untuk merokok secara intens yang jika dilawan dapat menyebabkan sakit kepala, mual, nyeri dada, berkeringat dan tekanan darah mengalami fluktuasi.
Melihat dampak buruk yang ditimbulkan, seharusnya perokok segera sadar untuk menghentikan kebiasan buruk tersebut. Setidaknya ada 9 efek positif baik yang terjadi kala tubuh berhenti merokok.

1. Setelah 30 Menit
Hanya butuh waktu selama setengah jam untuk membuat tekanan darah menjadi normal.

2. Setelah 9 Jam
Rokok dapat menyebabkan racun karbon monoksida yang tetkumpul di dalam darah. Setelah sembilan jam, tubuh akan mengalami peningkatan oksigen. Kemudian tingkat penurunan gas beracun ini akan membuat oksigen kembali normal.

3. Setelah 2 Hari
Resiko serangan jantung menurun dalam waktu 48 jam paska merokok yang terakhir. Tingkat nikotin juga akan berkurang dalam darah, sehingga bau badan akan kembali normal.

4. Setelah 3 Hari
Paru-paru dan saluran pernapasa  akan mulai beraantai dan dapat menikmati lebih banyak udara. Berhenti merokok dapat membantu mendistribusikan lebih banyak oksigen ke dalam tubuh.

5. Seelah 2 Minggu
Sirkulasi darah akan meningkat dan akan terus berlanjut hanya dalam kurun waktu 10 minggu saja. Hati akan memompa lebih banyak darah ke organ tubuh lainnya. Pada fase ini rasa bosen akan mulai terobati dan seseorang dapat menjadi lebih energik.

6. Setelah 8-9 Bulan
Kapasitas paru-paru menjadi meningkat, sehingga dapat menyerap udara lebih 15 persen lebih banyak. Masalah sesak napas dan batuk akan sembuh pada rentang masa ini.

7. Setelah Setahun
Resiko serangan jantung dan stroke akan berkurang menjadi setengahnya. Fleksibilitas pembuluh darah pun akan mulai berjalan normal.

8. Seelah 5 Tahun
Kesehatan Hati dan Otak akan aman seperti orang-orang yang tidak pernah merokok. Saat gaya hidup sehat ini dipertahankan. Kemungkinan terkena serangan jantung dapat secara drastis terkurangi.

9. Setelah 10 Tahun
Risiko kanker paru-paru akan berkurang setelah berhenti merokok selama sepuluh tahun.

( sumber )