>> 5 tips agar warna jeans tidak cepat pudar

Jeans memang outfit segala umat. Siapa pun pasti punya satu atau dua celana berbahan denim. Pasalnya denim bisa dipadupadankan dengan segala macam atasan dan sepatu. Apalagi kalau jeans yang kamu punya berwarna gelap.

Yang jadi masalah, denim hitam atau biru mudah sekali pudar warnanya. Lalu bagaimana caranya agar warna jeans tidak cepat luntur? Kuncinya ada di cara mencucinya. Berikut ini beberapa tips untuk mencuci jeans agar warnanya lebih awet.

Jangan terlalu sering dicuci
Jangan terlalu sering mencuci jeans. Ini akan membuat warna jeans lebih cepat pudar. Kamu bisa memakai jeans 5-10 kali berturut-turut sebelum dicuci, kok. Selain itu jeans tidak mudah kering. Jadi cuci sesekali saja.

Cuci dengan air dingin
Pastikan kamu selalu mencuci jeans dengan air dingin. Air hangat memang bisa membantu melunturkan kotoran yang mengendap di serat-serat jeans. Namun air hangat juga membuat jeans cepat pudar.

Jangan gunakan mesin cuci
Jika memungkinkan, selalu cuci jeans kamu secara manual. Mencuci jeans dengan tangan lebih 'ramah' untuk bahan jeans daripada menggunakan mesin cuci.

Cuci bagian dalam jeans
Kalau jeans kamu tidak terlalu kotor, sebaiknya balik jeans sebelum dicuci. Cuci bagian dalam jeans saja, kemudian jemur di udara terbuka. Mencuci dan menjemur jeans yang sudah dibalik terlebih dahulu sedikit banyak akan membantu mempertahankan warna.

Tambahkan sedikit cuka
Tambahkan setengah cangkir cuka putih pada air bilasan jeans yang terakhir. Ini akan membantu menjaga warna jeans yang gelap agar tidak cepat pudar.
( sumber )