>> Inilah yang terjadi pada Otak jika Anda sering mengeluh

Bagaimana rasanya berada di dekat orang yang terus-menerus mengeluh atau berpikiran negatif? Atau Anda sendiri sering cenderung begitu? Ada penjelasan ilmiah di balik itu semua dan trik menghentikannya.


Apa yang terjadi ketika kita berpikiran negatif
Mengucapkan hal-hal negatif, pada umumnya membuat perasaan kita menjadi lebih buruk. Mendengarkan orang lain yang tak henti-hentinya mengeluh juga membuat suasana hati si pendengar merasa buruk. Dan siklus itu berputar terus. Hati-hati, pola pikir negatif juga bisa menjadi hal yang negatif bagi kesehatan Anda – terutama dalam hal mental.

Bagaimana pikiran negatif mempengaruhi otak
Otak terdiri dari kumpulan sinapsis, yang dikelilingi oleh ruang kosong yang disebut celah sinapsis. Ketika pikiran timbul dalam otak, mereka mengirim zat kimia dari satu sinapsis ke sinapsis lain melalui celah itu. Jembatan antara dua sinapsis itu dilintasi muatan listrik yang bertumbukann disertai semua informasi yang terlibat dalam pemikiran tersebut.

Prosesnya terjadi berulangkali
Setiap kali muatan tegangan listrik sinapsis "dipicu" oleh suatu pikiran, sinapsis bergerak saling lebih mendekat. Otak memungkinkan dua sinapsis terpicu bersama-sama. Pikiran yang masuk ke dalam otak memungkinkan pemicu tadi secara simultan terpercik bersama zat kimia. Hal ini memungkinkan pikiran tersebut untuk memikirkan hal yang sama lagi, tapi terpikir dengan lebih cepat.

Mempengaruhi kepribadian
Ini berarti bahwa jika Anda memiliki pikiran negatif, pikiran itu akan datang lebih sering. Pola pikir yang sama akan terus berada di belakang kepala. Dengan kata lain, pikiran negatif Anda sangat mungkin menghasilkan kepribadian yang cukup negatif.

Apa yang harus dilakukan?
Segera balikan sisi negatif ini, menjadi sisi positif. Proses yang sama persis dapat terjadi dengan pikiran positif. Kita punya kemampuan 'melatih otak kita' untuk mulai mengabadikan pikiran positif ketimbang yang negatif, dengan cara yang sama kita mengalami siklus pikiran negatif. Terus alihkan ke pikiran positif, maka akan mendorong kepribadian kita menjadi lebih positif.

Kiat menghindari pikiran negatif
Banyak hal yang bisa menginspirasi pikiran positif. Ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk memastikan Anda condong ke arah muatan listrik positif melalui celah sinapsis di otak. Salah satunya dengan sedapat mungkin memikirkan tujuan hidup yang bebas dari stres. Usahakan lebih mendekatkan diri pada hal-hal yang membuat Anda bahagia.

Pengaruh lingkungan
Dan ingat, bahwa lingkungan yang berada di sekitarmu bisa membuat perubahan. Jika Anda terus-menerus dikelilingi oleh pikiran dan orang-orang berpikiran negatif, Anda dapat menangkap pikiran itu! Jangan biarkan hal itu meresap dan mulai bermain-main dengan kortisol Anda. Kelilingi diri Anda dengan hal positif dan pikiran yang baik, maka Anda akan berhasil melatih otak dengan kebahagiaan.
(sumber)