>> Ingin tambahan penghasilan? Coba 10 Kerja sambilan yang tidak menyita waktu ini

Jika satu pekerjaan tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup secara optimal, alternatif lain yang bisa dilakukan ialah memiliki pekerjaan sambilan. Ini termasuk usaha atau pekerjaan yang dilakukan dengan di waktu luang atau di luar jam kerja. Hal ini menggiurkan karena bisa dilakukan oleh siapa saja, misalnya ibu rumah tangga yang ingin menambah uang belanja, atau para mahasiswa yang kehabisan uang saku, bahkan para pekerja kantoran yang bersedia memanfaatkan weekend mereka.

Beberapa kerja sambilan yang bisa dilakukan dengan tuntutan waktu minim, antara lain:

1. Jasa Penitipan Sepeda Motor/ Sepeda
Usaha kecil yang satu ini cukup menguntungkan dan tidak terlalu merepotkan. Namun, keberadaannya hanya diharapkan di tempat-tempat tertentu, misalnya di dekat sekolah, dekat jalan raya, halte kendaraan umum, atau stasiun kereta. Cara-cara yang perlu diketahui untuk memulai usaha penitipan sepeda adalah:
  • Membuat tempat penitipan sepeda atau motor menjadi lebih tertutup agar aman dan teduh
  • Memberikan pelayanan yang berbeda dari tempat penitipan sepeda yang lain

Perkiraan hasil yang diperoleh (di luar sewa lahan):

Satu sepeda atau motor = Rp 5.000 x 50 sepeda = Rp 250.000 per hari x 30 hari = Rp 7,5 juta per bulan.

Biaya membayar karyawan = Rp 2 juta per bulan.

Keuntungan = Rp 7,5 juta – Rp 2 juta = Rp 5,5 juta.


2. Membuka Toko Sembako
Barang yang dijual di toko sembako bisa berupa barang pokok, seperti beras, gula, kopi, rokok, dan bumbu dapur. Sebagai catatan, untuk memulai usaha ini dibutuhkan modal yang cukup untuk membangun sebuah toko di daerah strategis, serta membeli stok barang yang akan dijual di toko. Setelah menetapkan anggaran untuk membeli stok barang dan mengurangi keuntungan dengan gaji karyawan dan harga sewa lokasi – jika tidak menggunakan lahan sendiri – laba bersih yang Anda dapatkan bisa sekitar Rp 500 setiap barang.

Kombinasikan barang yang senantiasa dibutuhkan orang seperti sembako, dengan barang yang bisa tahan disimpan selama 6 bulan, dan pastikan toko Anda bebas dari kelembaban dan gangguan serangga.


3. Jasa Sewa dan Servis komputer
Dengan tempat yang strategis, usaha ini bisa sangat menguntungkan. Untuk menambah variasi, bisa juga ditambah dengan berjualan aksesoris komputer, misalnya mouse dan kabel USB.

Beberapa tips untuk memulai usaha sewa computer, antara lain:
  • Memilih komputer yang berkualitas, setidaknya bisa bertahan untuk 5 tahun ke depan
  • Sediakan fasilitas pendukung seperti internet, printer, scanner, dan cafĂ© dengan harga terjangkau, sehingga orang semakin betah tinggal berlama-lama
  • Dengan mempekerjakan lulusan D3 yang pandai merakit dan memperbaiki komputer, Anda bisa memberi mereka lapangan kerja serta menambah diversifikasi usaha berupa servis komputer.


4. Jual Air Galon Isi Ulang
Berjualan air galon isi ulang saat ini sudah menjadi hal yang menguntungkan, karena masyarakat sudah jarang mengkonsumsi air yang direbus secara manual. Bahkan, kita sudah sering melihat orang yang mengisi waktu luang mereka dengan menjadi agen air isi ulang.

Beberapa tips yang patut dipertimbangkan:
  • Sebagai permulaan, belilah beberapa galon sebagai cadangan
  • Pastikan kualitas kebersihan galon dan air
Perhitungan keuntungan kasar, sebagai berikut:

Modal awal yang dibutuhkan: 1 galon Rp 50.000 x 20 galon = Rp 1 juta.

Alat dan tempat untuk mengisi air galon = Rp 10 juta.

Keuntungan = 1 kali pengisian Rp 6000 x 30 konsumen = Rp 180.000 per hari.


5. Menjadi Penulis Artikel
Pekerjaan yang satu ini terlihat mudah, namun membutuhkan pengalaman. Semakin sering Anda menulis, semakin piawai pula Anda dalam mengolah ide dan kata-kata menjadi sebuah artikel.

Mengingat Anda akan mempunyai banyak saingan dalam bidang yang satu ini, Anda perlu menguasai beberapa hal ini untuk menjadi lebih baik:
  • Patuhi ketentuan yang diberikan dengan seksama, terutama tentang deadline
  • Proofread hasil tulisan Anda untuk menjaga ketelitian dan kerapian tata bahasa Anda

Siapkan modal awal untuk menjadi penulis artikel:
Pulsa atau kuota Internet = Rp 50.000-Rp 100.000 per bulan.

Laptop atau komputer = Rp 4 juta ke atas.


6. Jual Pulsa Elektronik HP
Berjualan pulsa merupakan pekerjaan yang sangat menguntungkan, sebab saat ini ponsel sudah menjadi kebutuhan pokok untuk berkomunikasi.

Saat ingin memulai, Anda bisa pergi ke tempat yang menyediakan jasa agen penjualan pulsa murah, kemudian mendaftarkan SIM Card Anda agar bisa digunakan untuk melakukan transaksi, baik berupa transaksi penjualan pulsa maupun pembelian saldo. Dengan modal minimum Rp 250.000, Anda bisa memperoleh keuntungan sekitar Rp 500 dari setiap transaksi. Kuncinya ialah memberikan pelayanan cepat dan menyenangkan sepanjang hari, kapan pun pelanggan Anda membutuhkannya.


7. Jasa Editing Foto
Jika Anda betah duduk berjam-jam menggunakan software graphic design dan ingin menambah penghasilan, ada cara untuk bekerja paruh waktu sebagai editor foto. Anda perlu menyiapkan:
  • Satu buah komputer dengan spesifikasi yang sesuai untuk graphic design – harganya tentu bervariasi tergantung merk dan besar layar yang Anda inginkan. Anda membutuhkan paling sedikit Rp 7 juta.
  • Beberapa software photo editing yang mudah diterima oleh percetakan, misalnya Adobe Photoshop, Illustrator, InDesign
  • Jika Anda menggunakan PC, siapkan sebuah UPS (Uninterruptable Power Supply) untuk mengatasi jika sewaktu-waktu listrik padam
  • Sebuah printer untuk mencetak mock-up.


8. Jasa Permak Pakaian
Meski nampak sepele, usaha ini selalu dibutuhkan karena orang senantiasa berganti baju dan tidak banyak yang punya waktu untuk memperbaiki jahitan baju, resleting, atau kancing pakaian yang lepas. Pekerjaan ini sangat cocok bagi Anda yang senang dan mahir menjahit.

Untuk memulai, Anda memerlukan satu buah mesin jahit berikut peralatan sepert gunting, jarum, benang, dan sebagainya. Harga mesin jahit beragam, mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 10 juta ke atas.

Coba promosikan usaha Anda dari beberapa teman terlebih dahulu, misalnya para orang tua yang Anda temui di sekolah anak Anda, atau rekan-rekan kerja di kantor. Jika setiap akhir minggu Anda bisa memperoleh 3-4 pesanan seharga masing-masing Rp 15.000, dalam sebulan Anda bisa mengumpulkan uang tambahan Rp 240.000. Saat mulai punya banyak pelanggan, Anda bisa mempekerjakan asisten penjahit.


9. Makelar Motor
Makelar motor merupakan pekerjaan jasa, dimana Anda membantu menjual kendaraan bermotor milik seseorang ke orang lain, dengan upah yang sudah disepakati sebelumnya. Cara-cara yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang makelar motor adalah mencari seseorang yang ingin menjual mobil atau sepeda motor, kemudian membuat kontrak perjanjian dan mencari orang yang berminat membelinya.

Langkah-langkah menjadi makelar motor:
  • Rajin mencari orang yang ingin menjual motor, bisa melalui iklan baris di koran, internet, atau cukup bertanya kepada tetangga atau kerabat Anda.
  • Membuat kesepakatan harga jual kendaraan dan upah yang didapatkan. 

Selain hanya membutuhkan modal kecil berupa pulsa telepon dan internet, pekerjaan sambilan yang satu ini bisa meraup 5% dari harga jual kendaraan. Cukup menggiurkan, kan?


10. Jasa Agen Laundry
Usaha ini sangat cocok dilakukan ibu rumah tangga atau siapa saja yang sudah memiliki tempat usaha atau hunian strategis yang dekat dengan target pasar yang biasanya membutuhkan jasa laundry alias pencucian baju, misalnya tempat kos-kosan, kampus, apartemen tipe menengah.

Banyak tempat laundry yang mencari agen untuk menambah order mereka, bahkan tanpa memerlukan modal apa pun. Keuntungan yang bisa didapat sekitar 10%-15% dari laundry kiloan, atau bisa mencapai 25% dari binatu alias laundry satuan. Selain memasang neon box di rumah, Anda juga bisa menawarkan jasa Anda dengan menyebarkan flyer atau word of mouth saat berada di acara kumpul-kumpul.

Setelah Anda memutuskan jenis kerja sambilan yang sesuai dengan kondisi Anda, lakukan secara konsisten dan dengan niat yang besar, sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang sesuai.
(sumber)