>> 4 Tips cerdas menjaga kesehatan Jantung

Jantung adalah salah satu organ vital dalam tubuh. Jantung berfungsi sebagai pemompa darah agar darah dapat dialirkan ke seluruh tubuh dengan baik. Karena pentingnya fungsi jantung ini, maka menjaga kesehatan jantung adalah keharusan jika Anda ingin hidup sehat dan terhindar dari berbagai serangan penyakit jantung. Berikut adalah cara cerdas dan mudah yang bisa anda terapkan untuk menjaga kesehatan jantung.


Konsumsi Teh Hijau
Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam teh hijau sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Antioksidan mampu mencegah terjadinya kerusakan pembuluh darah pada jantung, sehingga proses pemompaan darah dapat bekerja secara optimal dan normal. Anda cukup mengonsumsi dua cangkir teh hijau tanpa gula sehari dan rasakan manfaatnya.

Stop Merokok
Merokok tak hanya menjadi penyebab utama timbulnya penyakit paru-paru, tetapi juga dapat berdampak pada jantung. Kandungan nikotin pada rokok inilah yang jika dikonsumsi secara terus-menerus dapat mempengaruhi dan membuat kerusakan pada pembuluh darah di jantung Anda. Untuk itu mulailah hidup tanpa rokok.

Hindari Konsumsi Makanan Cepat Saji
Menjamurnya hidangan cepat saji dengan beragam menu dan harga terjangkau tentu memberikan pengaruh pada pola makan kita. Tetapi, jangan mudah tergiur dengan kenikmatannya, karena makanan cepat saji ini merupakan salah satu penyebab penyakit jantung. Sebagian makanan cepat saji mengandung bahan pengawet dan penguat rasa. Untuk itu mulailah mengurangi konsumsi makanan cepat saji, ya.

Rutin Berolahraga
Selain ketiga tips tadi, olahraga juga tak kalah pentingnya. Rutin olahraga dapat membantu melatih otot jantung, sehingga jantung menjadi lebih sehat. Tak hanya itu, olahraga juga membantu menurunkan kadar lemak dalam darah. Sehingga rutin olahraga sangat dianjurkan demi kesehatan.

Semoga keempat tips tadi memberikan pengetahuan dan manfaat untuk anda. Dan jangan lupa, meskipun melakukan gaya hidup sehat, kita juga harus tetap menjaga kesehatan jantung dengan menggunakan cara lain, mengingat serangan jantung dapat menyerang siapa saja, kapan saja dan di mana saja.
(sumber)