>> Tips membersihkan perhiasan emas dan perak kembali bersinar



Emas merupakan logam mulia yang dapat digunakan sebagai investasi. Tetapi bisa juga diolah sebagai perhiasan. Namun ketika membeli perhiasan emas, jangan hanya dipakai dan disimpan.

Lakukan perawatan secara teratur, karena keringat dan noda di tubuh kita dapat memengaruhi keindahannya.

Berikut tips bagaimana membersihkan perhiasan dari emas.
  • Siapkan air hangat di mangkok. Tambahkan beberapa tetes cairan pencuci piring. Lalu rendam perhiasan selama 15 menit.
  • Angkat sepotong perhiasan, gosok lembut dengan sikat gigi bulu lembut bulu, untuk menghilangkan kotoran di sudut dan celah-celahnya. Bilas dengan air hangat, untuk menghilangkan residu sabun.
  •  Jika perhiasan telah bersih, keringkan dengan kain lembut. Dan gosok sebentar agar perhiasan bersinar.


Cara membersihkan perhiasan emas ini hampir sama dengan perak
Perbedaannya, perak cukup dibersihkan menggunakan air hangat, tanpa cairan pencuci.
Namun jika perhiasan perak terkena noda, berikut ini cara menghilangkannya.
  • Jika ingin menghilangkan noda di perak dengan kain pembersih, kita dapat menggosok dengan gerakan dari belakang ke depan atau atas ke bawah (tidak melingkar).
  • Jika menggunakan cairan pembersih (cleanser) khusus perak, rendam perak di dalam cairan, dan basuh sebentar. Kemudian keringkan dengan kain. Sekedar info, cleanser tersebut tidak membahayakan perhiasan emas dan platinum, tetapi tidak akan membersihkan keduanya dengan baik.
  • Tetapi khusus perhiasan perak dengan ukiran atau desain yang rumit, kita dapat menggunakan pasta perak atau polish untuk membersihkannya. Ambil sedikit pasta dengan kain atau sikat berbulu lembut, gosok perlahan, dari atas ke bawah, lalu bilas dan keringkan.

Sedangkan penyimpanannya, kita dapat meletakkan perhiasan di kotak atau kantong perhiasan berbahan velvel atau suede.

Sebaiknya penyimpanan dalam kantong dipisahkan antara satu perhiasan dengan lainnya, terlebih jika berbeda jenis, kita juga bisa menyimpan kotak atau kantong perhiasan di dalam safe deposit box atau filing kabinet berbahan fireproof metal, simpan di tempat kering dan tertutup.
( sumber )