>> Berikut 10 Tips untuk sendi sehat dan kuat



Kesehatan sendi sangat penting bagi aktivitas sehari-hari. Untuk itu, orang bisa mengkonsumsi makanan yang tepat. Selain itu ada cara lain juga untuk memperhatikan kesehatan sendi. Berikut 10 tips bagi sendi yang sehat.

1. Bawang Putih
Hasil studi pakar sendi Dr. Frances Williams menunjukkan, bawang putih, bawang bombai dan daun bawang bisa membantu kesehatan sendi. Menurut studi itu, bawang tersebut mengandung zat yang mengurangi enzim merugikan pada jaringan tulang rawan.

2. Kacang-Kacangan
Berbagai jenis kacang-kacangan mengandung vitamin E. Terutama almond mengandung vitamin E dalam jumlah besar. Sifat antioksidan yang dimiliki vitamin E menjadikan kacang-kacangan mampu menjaga dan melindungi kekuatan sendi.

3. Pepaya
Pepaya mengandung vitamin C dalam jumlah besar. Vitamin C tidak hanya baik untuk kekebalan tubuh melainkan juga bagi kesehatan sendi. Vitamin C membantu pembentukan kolagen, yang menjadi sebuah elemen penting dalam kesehatan kulit, jaringan ikat, tulang, gigi dan sendi.

4. Apel
Kandungan kolagen di dalam makanan berserat ini akan membantu melindungi kesehatan sendi. Selain itu apel mengandung kalium yang membantu meredakan infeksi pada sendi. Sementara pektin dalam apel bisa mengurangi rasa sakit jika infeksi terjadi.

5. Brokoli
Sayuran ini sangat baik bukan karena hanya seratnya saja. Brokoli mengandung vitamin A, B, C, E, dan K yang dapat melindungi sendi dari penyakit penuaan dini.

6. Sepatu Yang Tepat
Sepatu yang tidak tepat terutama merugikan lutut, jika dipakai dalam waktu lama. Di samping itu, hak sepatu yang tinggi juga bisa menyebabkan masalah pada lutut dan punggung. Untuk itu sebaiknya tidak memakai sepatu dengan hak terlalu tinggi, atau yang datar.

7. Memperhatikan Berat Tubuh
Bobot tubuh yang terlalu besar membebani pinggul dan sendi-sendi lainnya. Jika ini berlangsung untuk waktu lama, bisa menyebabkan antara lain kerusakan tulang rawan pada sendi. Oleh sebab itu berat tubuh juga harus diperhatikan.

8. Obat Sakit Tidak Berlebihan
Jika sendi sakit orang biasanya minum obat penghilang sakit seperti Aspirin. Itu memang bisa dilakukan, tetapi itu tidak menyelesaikan masalah sesungguhnya. Jika rasa sakit tidak kunjung hilang, lebih baik meminta saran dari dokter. Mungkin ada latihan yang bisa disarankan, untuk memerangi masalah sesungguhnya.

9. Bergerak dan Berolahraga
"Wer rastet der rostet.“ Pepatah dalam bahasa Jerman ini artinya kurang lebih: yang tidak bergerak akan karatan. Demikian halnya dengan tubuh. Jika ingin punya sendi yang sehat, orang harus menggunakannya secara teratur. Gerakan tubuh seperti lewat olah raga memperkuat otot dan menjaga kelenturan yang juga mencegah rasa sakit.

10. Olah Raga Yang Tepat
Olah raga penting untuk kesehatan sendi, tetapi jenisnya harus tepat. Tidak perlu olah raga berat, misalnya untuk jarak dekat berjalan kaki saja atau bersepeda, dan tidak menggunakan mobil. Untuk orang yang sendinya memang lemah, sebaiknya menghindari olah raga yang membebani lutut, seperti sepak bola, tenis atau joging. Lebih baik memilih olah raga berjalan seperti Nordic Walking.
( sumber )