>> Syarat dan cara Daftar BPJS secara manual ( offline )

Untuk anda yang ingin mendaftarkan diri BPJS kesehatan secara manual atau offline degan datang langsung ke kantor BPJS terdekat di kota anda, ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, persyarataan yang lengkap/ komplit seperti yang dipersyaratkan oleh BPJS kesehatan, apabila hanya satu saja persyaratan yang kurang maka anda diharuskan melengkapinya terlebih dahulu, kalau jarak rumah dekat dengan kantor BPJS tidak jadi masalah, yang menjadi kendala adalah jika jarak rumah anda dengan kantor BPJS sangat jauh.

Apa saja persyaratan yang harus dilengkapi sebelum mendaftarkan diri BPJS kesehatan, berikut syarat-syarat nya:

  • Persiapkan persyaratan umum yang dibutuhkan untuk mendaftar, seperti fotokopi KK, KTP, foto terbaru 3×4 ( 1 lembar ), dan juga iuran bulan pertama dengan jumlah disesuaikan dengan kelas yang ingin Anda daftar (25ribu, 42ribu, atau 59ribu).
  • Jika mendaftarkan seluruh anggota keluarga, seperti fotokopi KK, KTP masing-masing anggota keluarga jika sudah memiliki, foto close up berwarna terbaru 3×4 ( 1 lembar ) masing-masing anggota keluarga, photo copy surat nikah, dan juga iuran bulan pertama dengan jumlah disesuaikan dengan kelas yang ingin Anda daftar (25ribu, 42ribu, atau 59ribu).
  • Datangi kantor AsKes atau yang sekarang berubah menjadi kantor BPJS terdekat. Jika memungkinkan Anda bisa mendaftar secara kolektif dengan koordinasi dari ketua RT.
  • Nantinya Anda akan diberikan form pendaftaran. Isilah dengan cermat dan teliti, jangan sampai ada kesalahan penulisan serta harus sesuai dengan dokumen yang Anda miliki. Kesalahan dalam mengisi form bisa panjang urusannya dikemudian hari.
  • Setelah formulir terisi, Anda akan diberi virtual account yang nantinya akan Anda gunakan sebagai media pembayaran maupun transfer dana klaim saat dibutuhkan.
  • Lakukan pembayaran di bank yang telah ditunjuk.
  • Kembali ke kantor BPJS dengan menyerahkan bukti transfer, lalu tunggu hingga kartu BPJS Anda selesai dicetak.
  • Selesai.
Demikian informasi cara pedaftaran BPJS kesahatan secara manual ( offline ), semoga membantu.
( original )