>> Cara membersihkan alat memasak dari Teflon yang benar


Peralatan memasak antilengket atau kerap disebut teflon merupakan salah satu penemuan mutakhir dalam dunia perlengkapan dapur. Dengan peralatan teflon, memasak menjadi lebih mudah dan praktis. Selain itu, makanan yang dimasak menggunakan peralatan teflon jauh lebih sehat karena bisa mengurangi penggunaan jumlah minyak, di samping lebih mudah dicuci. Meski peralatan teflon ini memiliki keunggulan, perawatan yang tepat tetap diperlukan agar umur pakainya lama. Berikut beberapa hal yang perlu Anda cermati dalam merawat dan menggunakan peralatan teflon di rumah Anda.

  1. Apabila di dasar panci/wajan teflon terdapat kerak hitam, gunakan asam sitrat untuk membersihkannya. Caranya, masak air yang telah diberi asam sitrat menggunakan panci/wajan yang gosong tersebut hingga mendidih. Setelah itu, cuci dengan sabun seperti biasa untuk melepaskan kerak hitamnya.
  2. Jangan memotong daging, sayuran, atau bahan lainnya di dalam panci/wajan teflon dengan pisau metai, karena akan mengakibatkan goresan pada permukaan panci/wajan. Sekalipun hanya sedikit, goresannya tetap bisa membuat panci/wajan Anda berkarat.
  3. Gunakan peralatan dari karet atau spatula silikon untuk mengambil makanan dari panci/wajan teflon supaya tidak menimbulkan goresan pada panci/wajan.
  4. Jangan langsung menyiram panci/wajan teflon yang masih dalam keadaan panas dengan air dingin. Perubahan suhu air yang drastis dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan teflon, sehingga panci/wajan tidak bisa digunakan lagi untuk memasak. Selesai dipakai untuk memasak, sebaiknya biarkan panci/wajan benar-benar dingin sebelum dicelupkan ke dalam air untuk dicuci.
  5. Hindari mencuci panci/wajan teflon menggunakan sabut pencuci piring karena umumnya cukup keras untuk semua peralatan antilengket dan bisa menyebabkan kerusakan. Cukup cuci dengan tangan, kemudian langsung keringkan menggunakan lap bersih. Pastikan peralatan sudah benar-benar kering sebelum disimpan.
  6. Jangan menggunakan api yang terlalu panas. Hampir semua peralatan memasak antilengket dirancang untuk memasak dengan panas rendah hingga sedang. Panas yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan lapisan antilengket meleleh atau melepuh, sehingga menyebabkan kerusakan pada wajan/panci. Demi keawetan, bacalah aturan pakai mengenai panas yang dapat digunakan oleh masing-masing peralatan tersebut pada buku petunjuk yang menyertainya. Setiap merek tentu memiliki aturan pemakaian yang tidak sama.



Demikian tips cara membersihkan alat memasak dari bahan teflon. Anda tidak perlu repot-repot mencari-cari cara untuk membersihkan alat memasak berbahan teflon lainnya. Sebab, dengan cara-cara di atas, maka alat memasak berbahan teflon Anda akan bersih, bahkan seperti masih baru. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
( sumber )