>> 6 Hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi Telur

Telur kaya akan selenium, zinc, vitamin A, D, dan B kompleks yang dibutuhkan selama kehamilan. Jadi memakan telur selama kehamilan akan memberikan beberapa manfaat kesehatan untuk wanita hamil. Namun kita perlu berhati-hati dalam memilih telur. Sebelum membeli pastikan telur masih baru dan layak untuk dikonsumsi. Jika membeli telur dalam wadah karton, sebaiknya tetap dalam wadahnya dan dimasukkan ke dalam lemari es.


Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi telur dan juga penyimpanannya yaitu:

  1. Tempatkan telur di tempat yang dingin, kering, idealnya di dalam lemari es. Telur perlu ditempatkan pada temperatur konstan di bawah 20 C. Telur sebaiknya ditempatkan jauh dari makanan yang lainnya.
  2. Makan makanan yang mengandung telur segera setelah disajikan. Jika tidak langsung dimakan sebaiknya disimpan di lemari es. Cakes misalnya bisa ditempatkan di tempat yang dingin dan kering.
  3. Jika memiliki telur rebus yang disimpan di kulkas, paling lama disimpan selama 2-3 hari.
  4. Selalu mencuci tangan dan mengeringkannya setelah memegang atau memasak telur.
  5. Jangan menggunakan telur yang kulitnya sudah rusak karena berisiko kotor dan mengandung bakteri yang tidak baik bagi tubuh.
  6. Masak telur dengan baik dan sampai matang. Telur yang matang akan terjauhkan dari bakteri. Ini sangat penting bagi ibu hamil untuk makan telur yang memang benar-benar matang.

Jadi bagi ibu hamil konsumsi telur memang cukup disarankan. Manfaat telur bagi ibu hamil bisa dimasak sampai matang dan sebenarnya ada banyak pilihan masakan telur yang bisa dipilih oleh ibu hamil jika memang bisa dengan telur rebus dan telur goreng. Meskipun baik bagi tubuh, tetap saja tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi telur dan makanan lainnya.
(sumber)