>> Tips rumah aman saat ditinggal bepergian dalam waktu lama


Rumah ditinggal tanpa penghuni untuk waktu yang lama tentu bukan ide yang bagus. Namun, dalam waktu-waktu penting, orang-orang harus rela membiarkan kediamannya kosong. Seperti menjelang atau sesudah Hari Raya Idul Fitri yang akan segera tiba tahun ini. Pada masa-masa itu, kebanyakan gang akan lengang dan pintu-pintu rumah tertutup rapat.

Tentunya, masyarakat sudah sangat sadar dengan risiko yang mungkin menimpa rumah mereka, misalnya kasus pencurian atau kebakaran. Karena itu, diperlukan persiapan agar rumah tetap aman dan perjalanan ke kampung halaman pun dapat dilakukan dengan tenang. Beberapa tips di bawah ini semoga bisa mengingatkan apa saja yang harus diperhatikan saat hendak meninggalkan kediaman untuk waktu yang cukup lama.

1. Akan jauh lebih menenangkan bila ada orang yang bisa menjaga rumah saat bepergian. Jika ada saudara yang tak mudik dan tinggal berdekatan, mintalah pada mereka untuk menunggui atau sekadar menengok rumah dalam kurun waktu tertentu. Adanya saudara tentu bisa membantu rumah tetap bersih dan membuat rumah seolah tidak berada dalam keadaan kosong.

Bila tidak ada saudara yang tinggal cukup berdekatan, cukup memberi tahu tetangga sekitar mengenai rencana Anda untuk mudik. Tetangga tentu dapat melihat dan memantau keadaan rumah sekalipun hanya dari luar.

2. Kunci tiap sudut rumah, pintu juga jendela. Bawa kunci asli dan berikan kunci cadangan pada saudara bila ada yang bisa menunggui rumah. Agar semakin aman, siapkan kunci ganda, seperti menambahkan gembok atau perekat. Jika memiliki dana lebih, rumah dapat dipasangi CCTV di sudut-sudut yang potensial untuk dimasuki oleh orang asing.

3. Langkah yang ini tentunya tak boleh dilupakan. Matikan semua aliran listrik dan pastikan tidak ada kabel yang terhubung dengan stop kontak, entah itu lampu, komputer, atau televisi. Namun, satu lampu luar harus tetap dinyalakan agar tidak ada yang mencurigai bahwa semua penghuni rumah sedang pergi. Gunakanlah lampu LED yang dapat menyala secara otomatis dengan sensor cahaya. Bisa juga, pasang lampu yang dapat diatur jam kerjanya sehingga menyala selama beberapa jam saat malam hari.

Selain listrik, pastikan keran air juga dalam keadaan mati. Kosongkan pula semua tempat penampungan air agar tidak menjadi sarang nyamuk. Tabung gas LPG juga harus diamankan, lepas sambungannya, dan letakkan di ruangan yang aman dan teduh.

4. Simpan semua barang berharga di tempat yang aman, dapat dititipkan di bank atau pegadaian. Memindahkan sementara ke rumah saudara yang tak mudik juga bisa dilakukan untuk menjaga keamanannya.

Seandainya memelihara binatang, mereka juga harus dititipkan agar tetap terurus, entah ke tetangga, saudara, atau pet shop.

5. Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan rumah sebelum bepergian jauh. Buang semua sampah yang ada di rumah, agar tidak ada binatang yang mengerubungi selama rumah ditinggal pergi. Bersihkan dan tutup semua tempat sampah.

Cuci semua piring dan baju kotor yang menumpuk untuk menghindari bau-bau tak sedap. Pasang tirai dan jika ingin menghindari debu, furnitur atau perabotan bisa ditutup dengan kain. Selanjutnya, potong rumput di halaman agar tak tumbuh panjang dan membuat rumah seolah tak terurus.
( sumber )