>> Tips membedakan Bawang goreng Palsu dan Asli


Bawang goreng bisa menambah lezat makanan dan makan pun terasa lebih nikmat. Namun sayangnya, ada produsen bawang goreng yang tidak baik. Sebagaimana yang pernah diliput dalam acara Investigasi di Trans TV, bagaimana penjual bawang goreng palsu memproduksi bawang gorengnya. Mereka mencampur olahan bawang gorengnya dengan kulit dan daun singkong tanpa dicuci terlebih dahulu ( Mereka mencampur 1 kg kulit singkong dengan 1/2 kg bawang merah ) kemudian digoreng dengan minyak goreng bekas.

Yang sedihnya, individu penjual bawang goreng melakukan hal tersebut karena belajar dari pabrik tempat dia bekerja. Dia belajar dari pabrik !!! seperti diketahui Pabrik memproduksi dalam skala besar. Sehingga tidak sedikit masayrakat yang jadi korbannya.

Selain tidak higienis dalam proses bawang goreng mereka, kulit singkong itu sendiri berbahaya untuk tubuh dan kesehatan. Ia mengandung asam sianida yang dapat mengikat oksigen di dalam pernafasan, sehingga bisa menimbulkan daintaranya sakit di dada, sesak, kepala pusing, mual dan kadar darah turun.

Bagaimana cara mengetahuinya? Berikut beberapa caranya :

  1. Bawang goreng asli aroma bawangnya tajam, sedangkan bawang goreng palsu aroma bawangnya sedikit bahkan tidak tercium
  2. Bulir-bulir irisan bawang bisa Anda lihat pada bawang goreng asli, sementara bawang goreng oplosan bentuknya nyaris tidak terlihat, pecah, agak tebal dan tidak seragam.
  3. Bawang goreng asli berwarna kuning keemasan, sedangkan yang palsu agak kecoklatan

( sumber )