>> Daftar 10 Negara paling bahagia pada peringkat Dunia


Negara-negara Amerika Selatan menempati urutan teratas dalam Happy Planet Index. Daftar kebahagiaan sejagad itu mengusung tingkat harapan hidup, kepuasan dan jejak ekologis. Posisi Indonesia tergolong bagus.

1. Costa Rica
Negeri kecil di Basin Karibik ini mencatat tingkat harapan hidup (79,3) yang lebih tinggi ketimbang di Amerika Serikat dan jejak ekologis per kapita yang relatif rendah. Dua kali berturut-turut Kosta Rika memimpin daftar kebahagiaan sejagad sejak 2013. Kendati tingkat kemiskinan yang tinggi, tingkat kepuasan penduduk Kosta Rika jauh lebih tinggi ketimbang semua negara industri maju.

2. Vietnam
Benteng komunisme terakhir di Asia Tenggara ini mencuat berkat tingginya tingkat harapan hidup dan jejak ekologis yang tergolong rendah. Sebaliknya mengenai kepuasan hidup, Vietnam berada di posisi 57 dari 151 negara.

3. Kolombia
Siapa nyana, negeri yang dikenal dengan perang obat bius ini justru menyimpan kejutan istimewa. Kolombia mendapat skor 59,8 dalam Happy Planet Index (HPI) berkat tingkat harapan hidup dan kepuasan penduduk yang tinggi. Kendati begitu jejak ekologis negara di jantung Amerika Selatan ini perlu banyak perbaikan.

4. Belize
Bekas jajahan Inggris ini adalah surga pariwisata. Dianugerahi dengan keindahan alam yang nyaris tak tertandingi, penduduk Belize ternyata juga tergolong yang paling bahagia sedunia. Dalam Happy Planet Index, Belize mendapat nilai positif berkat tingkat harapan hidup dan kepuasan penduduk yang tinggi.

5. El Salvador
Ilmuwan sosial punya resep unik menebak kebahagiaan seseorang. Biasanya responden ditanya hal-hal banal, yakni soal seberapa sering mereka senyum dan tertawa atau merasa dihormati oleh sekelilingnya. Dalam hal ini, El Salvador, kendati kemiskinan dan pengangguran yang mendera, termasuk negara paling bahagia di dunia.

6. Jamaika
Bahwa kemakmuran tidak berbanding lurus dengan kebahagian terlihat dari posisi Jamaika dalam Happy Planet Index. Pernah dijajah oleh Spanyol dan Inggris, dirundung organisasi kriminal dan ditinggal oleh sebagian penduduk yang hijrah ke Amerika Utara, Jamaika tetap mencuat berkat kepuasan penduduk yang tinggi dan rendahnya jejak ekologis.

7. Panama
Negara yang dikenal berkat jalan laut yang membelah benua Amerika ini masuk dalam sepuluh besar berkat tingkat harapan hidup dan kepuasan penduduk yang tinggi. Ditanya soal resep kebahagian penduduknya, seorang diplomat Panama mengklaim "keluarga" sebagai kunci. "Setiap minggu kami masih berkumpul dengan keluarga besar. Jadi dalam situasi sulit sekalipun tidak ada yang merasa sendirian."

8. Nikaragua
Sebuah lembaga think thank Amerika Serikat pernah membuat jajak pendapat mengenai kebahagian di kawasan kumuh Managua. Hasilnya mayoritas penduduk miskin itu mengaku bahagia berkat kedekatan dengan keluarga dan teman. Tidak heran jika tingkat kepuasan penduduk Nikaragua di dalam daftar Happy Planet Index termasuk yang tertinggi di dunia.

9. Venezuela
Venezuela mungkin satu-satunya negara di dunia yang memiliki Kementrian urusan Kebahagian Sosial. Negeri yang kaya minyak, namun masih berkutat dengan inflasi yang sangat tinggi ini menempati urutan kesembilan berkat tingkat kepuasan hidup yang termasuk paling tinggi di dunia. Sementara tingkat harapan hidup dan jejak ekologis Venezuela tergolong rendah.

10. Guatemala
Keindahan alam, penduduk yang ramah dan satu dari sedikit negara di Amerika Selatan yang mencuat berkat tingkat keamanan yang tinggi melengkapi keunggulan Guatemala. Belakangan negeri ini juga mulai marak mempopulerkan wisata ekologis buat memoles neraca lingkungannnya.

14. Indonesia
Posisi Indonesia banyak membaik berkat jejak ekologis yang rendah (peringkat 22 dari 151 negara). Namun begitu tingkat harapan hidup yang berkisar 69,4 tahun dan rendahnya kepuasan penduduk, masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah di Jakarta.

84. Malaysia
Menteri Kesejahteraan Kota, Perumahan dan Pemerintahan Lokal Malaysia, Datuk Abdul Rahman Dahlan pernah berujar, kebahagiaan bergantung pada keberlangsungan masyarakat Urban. Faktor ini pula yang menyeret posisi Malaysia ke urutan 84 dalam HPI. Saat kebutuhan masyarakat perkotaan tidak lagi bersinergi dengan lingkungan, jejak ekologis Malaysia pun melorot ke peringkat 100 dari 151 negara
( sumber )