>> Berikut 5 Tips untuk mengurangi stres


Akhir-akhir ini, stres telah menjadi hal biasa dari kehidupan. Stres yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan kerusakan mental atau berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Berikut kiat-kiat mengurangi stres.

1. Jangan Mengambil Keputusan di Saat Marah
Ketika Anda berdebat dengan seseorang, secara otomatis susana hati akan berubah menjadi marah. Walhasil, tingkat stres naik dan mengambil keputusan di saat seperti ini biasanya menyebabkan konsekuensi yang tidak diinginkan.

2. Jangan Terlalu Keras Pada Diri Sendiri
Kadang terjadi suatu kondisi, dimana Anda sulit memaafkan diri sendiri. Ada beberapa orang yang berusaha melampaui kemampuannya hingga menyebabkan stres. Situasi ini, bisa memancing perasaan bersalah, depresi dan kecemasan. Jadi, berhentilah menyalahkan diri sendiri atas hal-hal yang Anda tidak mungkin bisa kendalikan.

3. Ikuti Kata Hati
Sesekali, coba dengarkan kata hati sebab hati adalah tempat bertanya terdekat. Suara hati juga biasanya akan memberikan sinyal jika yang dilakukan salah. Untuk itu, luangkan kesempatan mendengarkan hati dan memahami perasaan supaya kesehatan emosi dan fisik terjaga.

4. Menerima Kenyataan
Salah satu penyebab stres karena tidak bisa menerima kenyataan. Padahal, manusia tidak bisa mengendalikan apa yang hendak terjadi. Sikap tidak menerima kenyataan bisa menimbulkan rasa ketidakberdayaan dan meningkatkan level stres. Situasi seperti ini, bisa diatasi dengan pendekatan berfikir positif bahwa semua pasti ada hikmahnya.

5. Bersyukur
Penting untuk selalu mensyukuri yang ada karena setiap orang punya permasalahan hidup. Bersyukur, bisa membantu Anda meningkatkan kesejahteraan emosional dan memperbesar rasa bahagia.
( referensi )